12 Juli 2018 KPU Jateng Akan Tetapkan Paslon Terpilih

KPU Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan sampai saat ini, pihaknya masih terus melakukan penghitungan atau real count hasil pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018.

Sampai Kamis (28/6) siang tadi, jelas Joko, formulir C1 yang sudah masuk baru 90 persen atau 55.480 tempat pemungutan suara (TPS) dari 63.793 TPS. Atau masih kurang sembilan ribuan sekian TPS yang belum masuk.

Joko menjelaskan, hasil real count dari KPU sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Yakni, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin masih unggul dibandingkan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Joko memerkirakan, hasil real count akan selesai pada Kamis (28/6) petang ini. Sehingga, nanti tinggal proses rekapitulasi.

Sementara untuk rekapitulasi di tingkat provinsi, jelas Joko, baru dilakukan pada 7 Juli 2018 mendatang. Saat ini, rekapitulasi masih di tingkatan kelurahan dan berikutnya ke kecamatan dan kabupaten/kota.

KPU Jateng akan menetapkan hasil pilgub pada 9 Juli 2018 jika tidak ada sengketa pilkada. Sehingga, penetapan cagub dan cawagub terpilih, akan dilakukan pada 12 Juli 2018.

“Pada 7-9 Juli itu proses pengiriman dan rapat pleno di tiingkat provinsi. Tanggal 9 Juli nanti, akan kita tetapkan hasilnya dan 12 Juli ditetapkan pasangan calon terpilihnya,” kata Joko di Hotel Santika Semarang, Kamis (28/6).

Namun, jika ada sengketa pilkada, lanjut Joko, maka akan menunggu putusan dari Mahkamah Konstitusi. Sehingga, akan ada tahapan lain lagi di Pilgub Jateng 2018. (Bud)

Artikel sebelumnyaOJK Catat 6 Pelaku Usaha Sudah Daftar Izin Usaha Gadai
Artikel selanjutnyaTerima Laporan Dugaan Politik Uang, Bawaslu Jateng Cari Bukti dan Saksi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini