Balkesmas Klaten Sosialisasi Atasi Obesitas Pada Anak

Semarang, Idola 92.6 FM – Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Kabupaten Klaten mempunyai cara tersendiri, untuk mencegah obesitas pada anak sejak dini. Yakni dengan membuka Pojok Cah Cilik Balkesmas Klaten.

Staf Baguan Promkes Balkesmas Klaten Ratna Trisilawati mengatakan Pojok Cah Cilik merupakan inovasi dari Balkesmas Wilayah Klaten, untuk mendeteksi dan mencegah obesitas pada anak.

Menurutnya, obesitas atau kelebihan jumlah lemak dalam tubuh pada anak merupakan penyakit yang harus diatasi dan diantisipasi. Karena, kalori yang diasup anak lebih besar daripada yang dikeluarkan.

Oleh karena itu, jelas Ratna, dengan adanya Pojok Cah Cilik di Balkesmas Wilayah Klaten, akan membantu pasien anak maupun orang tua di dalam mengatur pola makan. Khusus untuk anak yang memang terdeteksi terkena obesitas, tetap bisa bermain.

“Dengan Pojok Cah Cilik ini akan memudahkan orang tuanya di dalam memeriksakan kesehatan anaknya. Jadi, kami membuat upaya agar si pasien maupun orang tuanya merasa nyaman saat menunggu antrean pemeriksaan dokter,” kata Ratna, kemarin.

Ratna menjelaskan, dengan Pojok Cah Cilik itu, para orang tua juga akan mendapatkan edukasi tentang kesehatan saat menunggu antrean. Karena, sebagai orang tua sangat penting mengetahui cara pencegahan obesitas pada anak.

“Obesitas ini bisa terjadi karena masukan energi kalori melebihi dan penggunaanya kurang,” ujarnya.

Dalam Pojok Cah Cilik, lanjut Ratna, para orang tua yang anaknya terkena obesitas bisa memahami upaya pencegahannya. Di antaranya dengan memberi asupan makanan yang benar, aktivitas fisik teratur dan modifikasi perilaku.

Untuk aktivitas fisik, jelas Ratna, dengan melakukan aktivitas fisik rutin setiap hari. Mulai dari aktivitas penguatan otot dengn senam dan pushup serta aktivitas lainnya.

“Lakukan paling sedikit tiga kali dalam sepekan, dan total latihan fisik selama 60 menit,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSOLOPEDULI dan PT Rojo Busana Indonesia Salurkan 60 Ribu Liter Air Bersih
Artikel selanjutnyaMendagri Sebut Ada Dampak Positif Dari Asian Games 2018 Yang Bisa Dirasakan Bangsa Indonesia

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini