Cegah Pelaku Teror, Sekda Minta Giat Ronda Ditingkatkan

Semarang, Idola 92.6 FM – Guna mengantisipasi adanya pelaku terorisme atau radikalisme masuk ke Jawa Tengah, di setiap daerah mulai dari lingkungan terkecil meningkatkan kewaspadaan.

Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono mengatakan para pengurus RT dan RW di masing-masing wilayah, bisa mengaktifkan kembali kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Mulai dari camat sampai dengan lurah, bisa mengkoordinir warganya melalui kegiatan pos ronda.

Apabila ada warga atau pendatang baru belum melapor 1×24 jam, jelas sekda, perangkat RT dan RW setempat wajib mendatangi yang bersangkutan. Apabila kesulitan melakukan pendataan, bisa meminta bantuan aparat Bhabinsa maupun Bhabinkamtibmas.

“Masyarakat ayo kita harus tingkatkan kewaspadaan dan tingkatkan aktivitas ronda. Tingkatkan aktivitas di kampung dalam mengawasi warganya, berikan hal yang baik. Tapi jangan diberikan yang kontraproduktif. Saya di beberapa forum juga sampaikan imbauan kepada pemeluk agama apapun, jangan resah dan khawatir. Pemerintah bersama TNI/Polri siap mengamankan tempat ibadah,” kata Sri Puryono, Selasa (10/7).

Lebih lanjut Sri Puryono menjelaskan, lebih baik semua terdata secara detail di perangkat setempat. Sehingga, bisa dilakukan pendeteksian dan antisipasi sejak dini bila ada gangguan.

Menurutnya, kamtibmas akan terwujud bila terjadi peran serta aktif dari masyarakat sekitar. Oleh karena itu, masyarakat harus membantu aparat TNI/Polri dalam menjaga keamanan. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudirman: Biar Pimpinan Partai Koalisi Bila Mau Gugat Hasil Pilgub Jateng
Artikel selanjutnyaGanjar: Tolong Kesadarannya, Pakai SKTM Yang Benar-benar Miskin

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini