Cukup Lewat HP, Peserta JKN-KIS Tak Perlu Antre di Kantor BPJS Kesehatan

Semarang, Idola 92.6 FM – Kemudahan dan kecanggihan teknologi sekarang ini, dimanfaatkan BPJS Kesehatan untuk melayani masyarakat. Yakni, melalui aplikasi mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Semarang Bimantoro mengatakan dengan hadirnya aplikasi Mobile JKN, maka bisa mendukung dalam pelayanan kepada masyarakat. Terutama, paea peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Menurutnya, aplikasi mobile JKN mempunyai berbagai fitur untuk mendukung pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

“Pada aplikasi ini terdapat empat menu, yaitu peserta, tagihan, pelayanan dan umum. Masing-masing menu tersebut sangat memudahkan peserta,” kata Bimantoro dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Bimantoro menjelaskan, peserta melalui mobile JKN bisa melakukan pendaftaran peserta, ubah data peserta, cek tagihan iuran, ganti faskes tingkat pertama dan melihat riwayat pelayanan.

Bimo, panggilan akrabnya menjelaskan, pihaknya juga melalui Duta Mobile JKN terus memberi edukasi kepada masyarakat dan mengenalkan aplikasi mobile JKN. Sehingga, ketika masyarakat yang datang diajak mengunduh aplikasi mobile JKN melalui Playstore ataupun Applestore.

“Untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi mengenai aplikasi mobile JKN, peserta bisa mengunjungi anjungan mandiri mobile JKN yang terdapat di lantai dasar kantor cabang. Pada anjungan ini, peserta akan mendapatkan sosialisasi dan dibantu apabila akan melakukan pendaftaran baru, perubahan data, perubahan faskes, perubahan hak kelas serta pelayanan lainnya,” jelas Bimo.

Sementara, salah satu peserta JKN-KIS, Nurhayati mengaku senang dengan adanya aplikasi mobile JKN.

“Sekarang semuanya bisa dari handphone, jadi gampang. Nggak perlu antre lama karena sudah ada di mobile JKN untuk mengurus JKN saya,” ujarnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaAntisipasi Hoax di Pemilu 2019, Polda Jateng Sebar Satgas Anti Kampanye Hitam
Artikel selanjutnyaJMPPK Datangi DPRD Jateng, Minta KLHS Kendeng Dimasukkan ke Perda RTRW