Dinkes Ajak Warga Jateng Berperilaku Hidup Sehat

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo, M.Kes mengajak masyarakat, agar selalu berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Yulianto mengatakan program Germas dicanangkan, untuk mencegah penyakit menular atau tidak menular. Baik dengan menjaga pola makan yang sehat, olahraga teratur atau pemberian imunisasi bagi balita.

Menurutnya, mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Sehingga, jargon itu terus didengungkan para penyuluh kesehatan di lingkungan Dinkes Jateng kepada masyarakat, agar selalu menjaga kesehatan sejak dini.

Yulianto menjelaskan, masyarakat Jateng bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit, baik secara individu maupun berkelompok. Baik beraktivitas fisik bersama, maupun melakukan pengecekan kesehatan rutin setiap enam bulan sekali minimal.

“Pak Presiden sudah mengeluarkan Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas, dan Pak Gubernur menindaklanjuti dengan Pergub Nomor 35 Tahun 2017 tentang Germas. Jadi, pemerintah sudah mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehat,” kata Yulianto, kemarin.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, program Germas bisa dilakukan dengan kegiatan sederhana di lingkungan sekitar. Misalnya berolahraga minimal 30 menit setiap hari, dan selalu mengonsumsi buah dan sayuran.

Sementara, untuk menggalakkan Germas di Jateng, lanjut Yulianto, selain fokus pada pencegahan penyakit menular dan tidak menular, juga peningkatan cakupan dan mutu imunisasi.

“Ayo cegah penyakit sejak dini. Untuk anak-anak, jangan lupa selalu rutin imunisasi ke rumah sakit atau posyandu serta pos kesehatan desa. Sehingga, bisa mencegah penyakit difteri, campak, rubella dan lain sebagainya,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaIngin Capai Provinsi Layak Anak, Ganjar Dorong Bupati/Wali Kota Ciptakan Kota Layak Anak Dulu
Artikel selanjutnya[PhotoEvent] Idola Business Gathering Juli 2018

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini