Dinkes Jateng Ingatkan Orang Tua Untuk Berikan Imunisasi Lengkap Pada Anak

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo, M.Kes mengatakan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit, dengan rajin berolahraga dan pemberian imunisasi kepada anak.

Menurutnya, imunisasi diberikan kepada anak supaya memiliki kekebalan terhadap penyakit menular terutama.

Yulianto menjelaskan, pemberian imunisasi menjadi landasan penting untuk kekebalan tubuh manusia. Sebab, beberapa penyakit menular bisa dicegah sejak dini dengan imunisasi.

Terlebih lagi, lanjut Yulianto, pihaknya juga siap melakukan imunisasi siswa di 23.208 sekolah dasar di Jateng. Yakni di Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada Agustus 2018 nanti.

“Banyak penyakit menular yang masih mengancam kita dan anak-anak kita, maka imunisasi itu untuk mencegah supaya anak-anak tidak mudah tertular penyakit-penyakit. Misalnya difteri, TBC, polio, hepatitis, rubela dan batuk rejan bisa dicegah dengan imunisasi. Maka, bayi-bayi kita harus diimunisasi semuanya jangan ada yang ketinggalan,” kata Yulianto, Selasa (31/7).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, dalam kegiatan BIAS itu siswa kelas satu akan mendapatkan imunisasi campak pada Agustus nanti. Sedangkan imunisasi difteri, akan diberikan pada September untuk anak kelas dua.

Sementara itu, lanjut Yulianto, bagi anak balita di bawah dua tahun, orang tuanya bisa memberikan imunisasi ke puskesmas atau pelayanan kesehatan desa terdekat.

“Bawa bayi untuk diimunisasi dasar lengkap sebelum usia satu tahun, dan imunisasi lanjutan sebelum usia dua tahun. Bawa ke posyandu, pos kesehatan desa, puskesmas atau rumah sakit terdekat, agar tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaTrend Belanja Pacu Impor, Upaya Apa yang Perlu Dilakukan Pemerintah?
Artikel selanjutnyaGanjar: Pembukaan Jembatan Timbang Jangan Sampai Bebani Konsumen
Wartawan senior Radio Idola Semarang.