Dinkes Jateng Terus Gencar Sosialisasikan Germas ke Pelosok Daerah

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo, M.Kes mengatakan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus digalakkan, untuk mengarahkan masyarakat berperilaku hidup sehat.

- Advertisement -

Menurutnya, ada banyak cara yang dilakukan untuk membuat masyarakat bergaya hidup bersih dan sehat.

Yulianto menjelaskan, pihaknya memberikan fokus perhatian di 80 titik di Jateng sebagai lokasi kampanye Germas kepada masyarakat. Dengan harapan, terbangun kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan dan lingkungan tempat tinggalnya.

“Germas ini sedang kita galakkan. Bahkan, bekerjasama dengan Komisi E DPRD Jawa Tengah ada program kampanye Germas di 80 titik di Jawa Tengah. Ke-80 titik ini tersebar di semua kabupaten/kota. Selain di 80 titik tadi, kita juga mengadakan kampanye Germas di TVRI Jawa Tengah setiap Jumat sore. Itu ada yang namanya Gayeng Germas, mempromosikan cara hidup sehat jangan sampai sakit,” kata Yulianto, Kamis (25/10).

Yulianto lebih lanjut menjelaskan, dalam kampanye Germas yang menjadi fokus perhatian adalah peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini terhadap penyakit. Serta, selalu meningkatkan perilaku hidup sehat.

“Dan jangan lupa selalu melakukan aktivitas fisik secara teratur, sehari minimal 30 menit dan selalu mengonsumsi buah serta sayuran setiap hari. Selain itu, cek kesehatan rutin tiap enam bulan sekali dan enyahkan asap rokok,” tandasnya. (Bud)