Dinkes Jateng Terus Upayakan Target Program BIAS Tercapai

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Jawa Tengah Subur Hadi Marhaento mengatakan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), terus berjalan dan diharapkan sesuai target yang telah ditetapkan.

Menurut Subur, program BIAS dimulai pada Agustus 2018 dan sampai dengan pekan kedua September ini untuk sasaran kelas satu sekolah dasar (SD) sudah mencapai 92 persen.

Subur menjelaskan, para siswa kelas satu SD yang ada di 35 kabupaten/kota di Jateng akan mendapatkan imunisasi campak. Pelaksanaannya, diserahkan kepada puskesmas di masing-masing daerah untuk mendatangi tiap sekolah.

“Yang kelas satu sudah 92 persen dari 362 ribu siswa. Ini kan model sweeping di minggu kedua September yang kelas satu. Diharapkan bisa selesai, dan nanti lanjut di November untuk kelas duanya. Harapan akhirnya, BIAS bisa tercapai 98 persen,” kata Subur belum lama ini.

Subur lebih lanjut menjelaskan, di Jateng ada 23.208 SD sebagai lokasi sasaran imunisasi.

Nantinya, jika seluruh siswa kelas satu SD sudah mendapatkan imunisasi, maka dilanjutkan siswa kelas dua SD mendapatkan imunisasi difteri.

“Pelaksanaan imunisasi untuk kelas dua tidak jauh berbeda dengan yang kelas satu. Kami sudah sampaikan ke daerah, untuk menyiapkan terkait masalah teknisnya,” ujarnya.

Menurut Subur, Kementerian Kesehatan menargetkan Dinkes Jateng capaian program BIAS tahun ini bisa tercapai 98 persen.

“Pada 2017, program BIAS kam mencapai 99,61 persen dan selalu melampaui target. Memang masih ada kendala orang yang menolak anaknya diimunisasi, tapi itu tidak banyak,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSeluruh Pemda Diimbau Selesaikan Perekaman KTP Elektronik Hingga Akhir 2018
Artikel selanjutnyaBagaimana Menyiapkan SDM Berdaya Saing di Tengah Tantangan Kepungan Teknologi Kecerdasan Artifisial (AI)?