Ganjar: Anak Muda Harus Rutin Olahraga Setiap Hari

Senam Bersama 3000 Siswa SMA.

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan upaya pencegahan penyakit yang paling mudah dan sederhana, adalah rajin berolahraga setiap hari. Hal itu dikatakannya ketika senam bersama tiga ribu siswa SMA dari 40 sekolah se-Jateng di GOR UPGRI Kampus IV Semarang, Jumat (23/11) pagi.

Menurutnya, anak-anak zaman sekarang ternyata banyak yang belum memahami atau menyukai olahraga secara rutin. Padahal, aktivitas itu bisa mencegah munculnya penyakit berbahaya. Misalnya penyakit jantung, stroke atau hipertensi.

Ganjar menjelaskan, sejak dini para siswa harus diajak untuk selalu rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tidak hanya rajin berolahraga, tapi juga rutin makan buah dan sayur.

“Dalam politik kesehatan dari sisi hulu, ini membahayakan karena mereka akan punya potensi penyakit yang sangat tinggi sekali. Kalau dari sisi hulu bisa kita cegah, terbiasa cuci tangan sebelum makan, makan buah dan sayur setiap hari dan rutin olahraga sehari 30 menit saja itu akan bisa mencegah,” kata Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jateng dr. Yulianto Prabowo, M.Kes menambahkan, dalam 30 tahun terakhir ini terjadi perubahan pola penyakit yang disebabkan berubahnya perilaku manusia. Penyakit tidak menular sekarang ini tidak hanya menyerang usia senja, tapi telah bergeser ke usia muda.

Salah satu penyebab bergesernya pola penyakit itu, jelas Yulianto, karena masyarakat Indonesia belum membiasakan makan buah dan sayur secara rutin setiap hari.

“Ternyata, menurut survei itu masyarakat kita tidak terbiasa makan buah dan sayur. Apalagi bila dibandingkan dengan negara lain. Padahal, di kita sayur dan buah itu banyak dan murah lagi,” ucap Yulianto.

Oleh karena itu, lanjut Yulianto, pihaknya terus melakukan upaya promotif dan preventif untuk mencegah meningkatnya penyakit tidak menular. Yakni melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). (Bud)

Artikel sebelumnyaGalakkan Hidup Sehat, BPJS Kesehatan Ajak Warga Senam HKN
Artikel selanjutnyaTingkatkan Investasi, Pemprov Jateng Gelar CJIBF 2018