Ganjar Pranowo: Produk Lokal Jateng Harus Mendunia

Semarang, Idola 92.6 FM – Produk-produk lokal asal Jawa Tengah, harus bisa mendunia dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat. Hal itu ditegaskan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyikapi terus melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat.

Menurut Ganjar, para pengusaha di dalam negeri, terutama di Jateng, harus bisa memaksimalkan produk-produk lokal. Bahkan, bisa menggantikan produk-produk impor asal luar negeri yang harganya semakin mahal akibat nilai tukar Dollar Amerika Serikat terus fluktuatif.

Menurutnya, di Jateng ada banyak potensi lokal yang bisa diunggulkan untuk menggantikan barang-barang asal luar negeri.

Ganjar menjelaskan, banyak produk lokal yang bisa dikembangkan dan bahkan layak dijual ke luar negeri. Sehingga, masyarakat tidak terus tergantung dengan produk impor.

“Bagaimana kalau kita melihat potensi lokal yang ada, dan Kemlu akan membantu untuk ikut memasarkan. Misalnya kopi kita kan bagus, tekstil kita beberapa bahan dasarnya memang ada yang impor tapi bahan jadinya banyak ekspor juga. Nah, coba itu kita genjot potensi-potensi ini yang bisa kita dorong dan sesuai anjuran Pak Presiden tentang menggunakan mata uang asing sedikit mungkin,” kata Ganjar, Rabu (19/9).

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, bisa produk lokal bisa dikembangkan dan menjadi kebanggaan masyarakat, maka mampu bersaing secara kompetitif. Imbasnya adalah masyarakat tidak lagi tergantung dengan barang luar negeri.

“Bila inovasi produk lokal bisa dikembangkan, maka mampu menjawab tantangan zaman,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDinkes dan DPRD Semarang Ajak Warga Bangetayu Tanda Tangani Komitmen Pelaksanaan Germas
Artikel selanjutnyaSeluruh Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan Pelayanan Prima dari Kemenhub