Ganjar: Rumah Maestro Wayang Beber Akan Kita Buat Jadi Galeri Seni

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pemprov mengupayakan membuat galeri seni di rumah maestro wayang beber, Hermin Istiariningsih di Kampung Wonosaren, Jagalan, Kota Surakarta.

Menurutnya, untuk mengenalkan wayang beber kepada generasi muda sekarang, perlu langsung belajar ke ahlinya. Sehingga, tercetus ide untuk membuat galeri seni di rumah sang maestro. Hermin Istiariningsih merupakan satu-satunya pelukis wayang beber, yang masih eksis di provinsi ini.

Ganjar menjelaskan, wayang beber merupakan wayang yang terbuat dari kertas atau Daluuwang (kertas Jawa) kemudian dilukis per empat episode cerita. Sedangkan pementasannya, digelar dengan cara ditunjukkan gambarnya atau dibeber dalam istilah Jawa.

Oleh karena itu, kepada satu-satunya pelukis wayang beber, ia menawarkan penyelenggaraan pameran tunggal dan pembuatan studio di rumahnya.

“Mungkin saya butuh bantuan masyarakat. Kalau ada mahasiswa arsitektur dari perguruan tinggi apapun yang dekat sini, saya ajak. Siapa yang siap menatakan rumahnya jadi tempat indah, tolong gawakno terus kirim ke saya biar nanti tugas saya cari sponsor untuk mulai berbenah. Biar rumahnya jadi galeri wayang beber yang menarik,” kata Ganjar baru-baru ini.

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, kediaman maestro wayang beber sangat unik dan layak dilestarikan. Sebab, di dalam dan di samping rumah dipenuhi lukisa wayang beber. Padahal, keberadaan lukisan dan pelukis wayang tradisional sangat langka.

“Rumah ini kita sulap, didandani ben dadi studio cilik,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDinkes Jateng Imbau Warga Konsumsi Pangan Aman dan Sehat
Artikel selanjutnyaCiptakan Wirausahawan Muda, Pertamina Siapkan Bengkel Kreatif Dan Inovatif