Hastaning Ajarkan Cara Kelola Stres Dengan Mudah

Semarang, Idola 92.6 FM – Stres mudah menghinggapi setiap orang, baik tua ataupun muda. Mulai dari urusan pekerjaan sampai rumah tangga.

- Advertisement -

Psikolog senior di Kota Semarang Hastaning Sakti mengatakan menghindari stres yang paling mudah, bisa dilakukan dengan hal-hal mudah juga. Karena, stres juga muncul akibat dari dalam tubuh.

Menurutnya, untuk mencegah stres di dalam diri adalah bisa mengajak bicara diri sendiri.

Dekan Fakultas Psikologi Undip itu menjelaskan, dengan mengajak bicara diri sendiri dan menonjolkan potensi diri yang ada maka stres bisa dikelola. Hal ini menjadi cara mudah untuk mengelola stres.

“Cara mengelola stres yang mudah, pertama harus memahami diri sendiri dulu. Artinya, lebih pada mari kita bercakap pada diri sendiri hal-hal yang positif. Karena kalau hal-hal negatif yang dimunculkan, pada akhirnya menyebar ke seluruh tubuh hal negatif dan terjadi stres,” kata Hastaning saat menjadi narasumber tentang kesehatan jiwa, belum lama ini.

Lebih lanjut Hastaning menjelaskan, dengan mengajak bicara diri sendiri dan mengunggulkan potensi diri, maka pengelolaan stres bisa berhasil.

“Saya punya kepandaian ini, punya potensi ini. Jangan kemudian malah merendahkan derajat diri kita sendiri, dan stres yang menguasai tubuh serta pikiran,” ujarnya.

Bagi orang tua yang memiliki anak-anak usia remaja, jelas Hastaning, juga bisa ikut mendampingi di dalam pengelolaan stres. Orang tua cukup memberikan motivasi dan dorongan, tidak perlu memaksakan kehendak.

“Biarkan anak mengaktualisasikan dirinya dan jangan ditahan. Kalau dipaksakan mengikuti kehendak orang tua, anak bisa stres,” pungkasnya. (Bud)