Indonesia Power Bangun Pembangkit Baru Berkapasitas 779 MW

PLTGU Blok 1 yang beroperasi dan menghasilkan listrik sebesar 450 MW.

Semarang, Idola 92.6 FM – Manager Operasi Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang Doni Bakar mengatakan untuk menambah pasokan energi listrik di Jawa Tengah pada khususnya dan Jawa-Bali pada umumnya, pihaknya membangun PLTGU Blok 3 dengan kapasitas 779 Mega Watt. Blok 3 ini akan menambah pasokan listrik, dari sebelumnya 900 MW yang didapat dari Blok 1 dan Blok 2 Tambaklorok.

Doni menjelaskan, secara subsistem, kebutuhan listrik di wilayah Jateng-DIY saat ini sebesar 4.000 MW. Sedangkan produksi listrik dari Blok 1 dan Blok 2, mampu berkontribusi sebesar 20 persennya. Sementara untuk subsistem Jawa-Bali, kontribusinya lima persen.

Menurutnya, untuk membangun PLTGU Blok 3 ini, dikucurkan investasi sebesar Rp5,8 triliun. PLTGU Blok 3 diperkirakan bisa beroperasi penuh pada Oktober 2020 mendatang.

“Bagian dari program yang ditugaskan PLN kepada Indonesia Power dalam mewujudkan pembangunan pembangkit listrik program 35 ribu MW. Nanti harapannya, listrik yang dihasilkan dari Blok 3 bisa berkontribusi kepada masyarakat. Karena, harapannya nanti pada 2020 sudah bisa beroperasi seiring dengan penambahan kebutuhan konsumsi listrik dari masyarakat,” kata Doni, Jumat (30/11).

Lebih lanjut Doni menjelaskan, PLTGU Blok 3 nantinya ketika beroperasi penuh, akan menjadi pembangkit pertama di Indonesia paling efisien. Karena, energi yang diproduksi menjadi listrik sebesar 62 persen dan sisanya dipakai untuk menggerakkan turbin.

“Blok 3 ini menggunakan teknologi baru, yaitu turbin gas HA milik GE,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaD’Season Boutique Karimunjawa, Temukan Surga Yang Tersembunyi
Artikel selanjutnyaM Nasir: Saya Bangga Ada Peran Perguruan Tinggi Dalam Kelahiran Motor Listrik