Ingin Hidup Sehat, Hindari Merokok Sejak Sekarang

Semarang, Idola 92.6 FM – Terapis dari Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Magelang dr Bagus Widjanarko mengatakan sudah saatnya bagi perokok aktif, untuk segera menghentikan kebiasaannya. Berhenti merokok harus dilakukan, sebelum mengeluhkan sakit yang lebih parah.

Menurutnya, bagi para perokok aktif bisa mengawalinya dengan niat dan motivasi yang kuat untuk bisa berhenti merokok. Hal itu dikatakannya, ketika menjadi pembicara di sebuah radio di Semarang tentang penyakit akibat merokok, Kamis (27/9).

Bagus menjelaskan, memutuskan untuk berhenti merokok harus diawali dari niat sebelum penyakit yang lebih parah akan menggerogoti badannya.

“Jadi, memang penyakit-penyakit yang bisa diakibatkan karena paparan asap secara kronis itu penyakit yang terkait jantung dan pembuluh darah, termsuk juga paru-paru. Bahaya itu bisa beredar di sirkulasi darah dan jug penyakit lain juga bisa muncul karena bahaya rokok,” kata Bagus.

Bagus lebih lanjut menjelaskan, memang dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari para perokok untuk mau berhenti.

“Tentunya berhenti untuk tidak merokok harus dari dalam dirinya, dan ini memang harus ditumbuhkan,” ujarnya.

Menurut Bagus, bagi perokok aktif yang menginginkan berhenti dan membutuhkan bantuannya, maka siap melakukan terapi. Salah satu tahap awalnya adalah merasakan udara tanpa rokok di dalam tubuh, dan bila sudah merasa nyaman maka dilanjutkan ke tahapan berikutnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMasjid Dibongkar, Pembangunan Tol Semarang-Batang Bisa Dilanjutkan
Artikel selanjutnyaPengusaha Lokal Mulai Jadi Pelanggan PLN Dan Tinggalkan Cara Lama