KPU Buka Pendaftaran Lagi Untuk Pilkada Karanganyar

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan untuk kondisi di Karanganyar, pihaknya kembali membuka pendaftaran selama tiga hari ke depan. Saat ini, 12-13 Januari dilakukan sosialisasi kepada para pimpinan partai politik terkait perpanjangan waktu pendaftaran.

Apabila sampai batas waktu perpanjangan pendaftaran tetap tidak ada calon lainnya, jelas Joko, maka akan dilanjut tahap berikutnya berupa pemeriksaan kesehatan bagi calon bupati dan wakil bupati Juliyatmono-Rober Chistanto.

“Sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 Pasal 102 itu dijelaskan, kalau sampai hari terakhir penutupan pendaftaran hanya ada satu pasangan calon, kemudian diperpanjang. Tapi, perpanjangan itu harus melalui tahapan sosialisasi kepada partai politik semuanya yang ada di daerah itu. Kalau sisa partai politik yang belum mengajukan calon dan tidak memungkinkan karena kursinya tidak masuk dari ketentuan minimal, ya diputuskan satu pasangan saja,” kata Joko, Jumat (12/1).

Lebih lanjut Joko menjelaskan, kondisi yang terjadi di Karanganyar hampir mirip dengan Pilkada di Kabupaten Pati setahun kemarin. Saat itu, pasangan Haryanto dan Saiful Arifin didukung mayoritas parpol yang memiliki kursi di parlemen Pati. Sehingga, saat proses pemungutan suara pasangan Haryanto-Saiful Arifin melawan kotak kosong.

Diketahui, pasangan calon (paslon) Juliyatmono-Rober Chistanto merupakan satu-satunya pasangan, yang mendaftar ke KPU Kabupaten Karanganyar hingga akhir pendaftaran, Rabu (10/1) kemarin. Pasangan tersebut diusung Partai Golkar, PDIP, Demokrat, PKB, PAN, PPP, Hanura dan Gerindra.

Dari sembilan partai yang berkuasa di parlemen DPRD Karanganyar, hanya Partai Keadilan Sejahtera memilih tidak bergabung dalam koalisi. (Bud)

Artikel sebelumnyaRSUP dr Kariadi Tambah 3 Dokter Spesialis Tangani Pemeriksaan Kesehatan Pilkada 2018
Artikel selanjutnyaSemua Calon Mengaku Fit Untuk Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Hari Kedua