KPU Jateng Cek Kelengkapan Berkas Calon Legislator

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan pihaknya resmi menutup pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) tingkat provinsi, pada pukul 24.00 WIB. Partai politik paling terakhir datang ke KPU Jateng dan menyerahkan daftar bacalegnya adalah Partai Berkarya.

Joko menjelaskan, pihaknya secara marathon melakukan pengecekan atau verifikasi kelengkapan administasi bacaleg, mulai 18-21 Juli 2018.

Menurutnya, pada pemeriksaan berkas administrasi untuk masing-masing individu akan lebih mudah karena sudah ada sistem invidasi calon (Silon).

“SK kepengurusannya sesuai yang ada di dokumen apa tidak, kemudian daftar calon yang diajukan ada apa tidak itu yang pertama kita cek. Baru kita cek kuota 30 persen keterwakilan perempuannya per dapil sudah memenuhi apa belum. Setelah itu pernyataan pakta integritas. Setelah syarat pencalonan dari parpol diteliti, kita baru cek syarat calonnya, per individu. Kalau belum lengkap, maka kita minta yang bersangkutan membuat surat pernyataan supaya ada perbaikan kapan dilengkapi,” kata Joko, Rabu (18/7).

Lebih lanjut Joko menjelaskan, dengan Silon, maka proses pemeriksaan tidak hanya lebih teliti tetapi juga lebih efisien.

“Kalau ada dokumen atau syarat calon kurang, kita langsung beritahu partainya. Kita berikan kesempatan pada mereka dari tanggal 22-31 Juli untuk perbaikan,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPKS Sodorkan Kadernya Dampingi Prabowo di Pilpres 2019
Artikel selanjutnyaGanjar Ingatkan Hal Kecil Ini Jangan Sampai Lupa, Apa Itu

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini