KPU Jateng Sebut Coklit 100 Persen Data Warga

Semarang, Idola 92.6 FM – Komisioner KPU Jateng Muslim Aisha mengatakan sebanyak 27.088.592 pemilih sudah didatangi 64.171 petugas coklit, dan informasi dari petugas di KPU masing-masing kabupaten/kota di Jateng proses coklit sudah 100 persen selesai. Prosea coklit dimulai sejak 20 Januari sampai dengan 18 Februari 2018.

Menurutnya, yang saat ini sedang dilakukan para petugas coklit dan KPU di masing-masing kabupaten/kota adalah mencocokan data penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas). Sebab, tidak semua penghuni lapas merupakan warga setempat. Sehingga, perlu ada pencocokan dari antardaerah, agar tidak terjadi nama pemilih ganda.

Namun demikian, lanjut Muslim, selama proses coklit yang menjadi prioritas adalah warga di wilayah sulit dijangkau atau sedang mengalami bencana.

“Yang menjadi prioritas kami dalam proses coklit adalah di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. Misalnya ke Karimunjawa Jepara atau daerah yang sedang mengalami bencana banjir. Namun hasil informasi dari temen-temen KPU kabupaten/kota, coklit sudah hampir 100 persen selesai,” kata Muslim, Selasa (20/2).

Lebih lanjut Muslim menjelaskan, dari proses coklit juga bisa mendeteksi warga yang memiliki hak pilih namun belum melakukan rekam data KTP elektronik. (Bud)

Artikel sebelumnyaUU MD3 Dianggap Dewan Jateng Jauhkan Masyarakat Dengan Wakilnya
Artikel selanjutnyaDjayadi Hanan: Pasal Penghinaan DPR Pada Revisi UUD MD3 Mendekati Abuse of Power