Legislator Boyolali Siap Sosialisasi Germas ke Masyarakat

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Komisi IV DPRD Boyolali Agung Supardi mengatakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan pemerintah pusat, memang harus digencarkan dan terus dikampanyekan kepada seluruh masyarakat. Terutama, kepada masyarakat Boyolali. Hal itu dikatakannya, saat menjadi narasumber di Warung Germas Dinas Kesehatan Jawa Tengah, belum lama ini.

Menurutnya, berbagai cara harus dilakukan untuk mendukung program Germas dari pemerintah pusat.

Oleh karena itu, jelas Agung, pihaknya sebagai legislator berupaya untuk ikut mengampanyekan Germas kepada masyarakat Boyolali. Yakni melalui kegiatan reses ke daerah, dengan melakukan sosialisasi gemar makan ikan, rajin berolahraga dan menghindari rokok.

Pihaknya juga memfasilitasi pemkab, melalui penganggaran di APBD.

“Kita di legislatif pasti mendukung dan untuk Germas ini sudah dianggarkan Rp2,490 miliar. Yang sekitar Rp870 juta itu untuk lima kecamatan. Karena ini juga sudah petunjuk dari pemerintah pusat, ya serta ada kepres dan pergubnya juga. Sehingga, kitaa harus serius menyukseskan Germas di masyarakat Boyolali,” kata Agung.

Agung lebih lanjut menjelaskan, di dalam mendukung program Germas di masyarakat Boyolali, pihaknya juga menyarankan masyarakat rutin mengadakan senam Germas dan mengolah bahan makanan lokal.

“Germas tidak hanya diketahui masyarakat kota saja, tapi sampai lapisan bawah dan ke desa-desa. Saatnya kita gaungkan hidup sehat,” jelas Agung.

Sementara, untuk mendukung Germas sukses di Boyolali, Dinkes setempaat membentuk sukarelawan kader muda peduli kesehatan atau yang dikenal dengan Sukkma Desi. (Bud)

Artikel sebelumnyaGandeng ICW, PLN Ajak Delegasi Negara Sahabat Lestarikan Lingkungan di Desa Wisata Ngadiharjo
Artikel selanjutnyaDarurat Malanutrisi di Indonesia, Bagaimana Jalan Keluarnya?