Pasar Induk Beras Siap Dibangun di Semarang

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemprov Jawa Tengah siap membangun pasar induk beras, yang rencananya akan dibangun di Kota Semarang.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan pasar induk beras itu, rencananya akan dibangun tahun depan.

Menurutnya, dengan dibangunnya pasar induk beras di Semarang akan memangkas rantai distribusi bahan pokok tersebut.

Ganjar menjelaskan, dengan pembangunan pasar induk beras juga bisa memantau stok maupun harga beras di tingkat konsumen. Karena, selama ini ada delapan perantara untuk komoditas pangan menurut Bank Indonesia.

Oleh karena itu, dengan pembangunan pasar induk beras di Jateng akan memudahkan para petani atau kelompok tani berhubungan langsung dengan konsumen tanpa perantara. Sehingga, baik produsen maupun konsumen akan mendapatkan harga yang sesuai dan tidak merugikan.

“Ini ada semangat selain memperpendek rentangg kendali dan juga mengendalikan harga atau kontrol harga. Sehingga, inflasi pada volitile food bisa dikendalikan. Kalau untuk di Jawa Tengah bisa dipakai untuk mendata bagaimana pergerakan beras yang ada,” kata Ganjar, belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pasar induk beras juga bisa digunakan untuk memantau kualitas, jenis dan harga beras di pasaran. Bhkan, kelangkaan dan fluktuasi beras bisa diketahui sejak dini.

“Ini jadi momentumnya petani untuk mendapatkan harga beras sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan. Sedangkan bagi konsumen, harga yang dibayar tidak mahal,” ujarnya.

Rencananya, pasar induk beras yang dibangun pada 2019 nanti berada di Gudang Beras Bulog Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang. (Bud)

Artikel sebelumnyaRelawan NU Bantu Korban Gempa Palu
Artikel selanjutnyaPertamina MOR IV Kirim Relawan ke Palu