Pertamina Lubricants Gandeng BPJS Kesehatan Lindungan Pekerja di Bidang Kesehatan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang Bimantoro (kiri) menyerahkan piagam kerja sama dengan Pertamina Lubricants, belum lama ini. (Foto: ISTIMEWA)

Semarang, Idola 92.6 FM – Sebagai bentuk kepedulian kepada pekerja, Pertamina Lubricants menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan meluncurkan program Asuransi Kesehatan Mekanik periode 2018-2019.

Sales Region Manager IV Semarang Putu Denik Suastika mengatakan program jaminan kesehatan mekanik merupakan program lanjutan, dari yang sudah diluncurkan pada 2017. Sampai saat ini, sudah ada 288 mekanik beserta anggota keluarganya, yang mendapat manfaat dari program corporate social responsibility (CSR) di wilayah Pertamina Region IV Jawa Tengah dan DIY.

Menurutnya, program jaminan kesehatan bisa disinergikan melalui program CSR dan sekaligus mendukung percepatan program Universal Health Coverage (UHC) per 1 Januari 2019.

“Program ini merupakan program CSR Loyalitas Mekanik Pertamina Lubricants dari aspek jaminan sosial kesehatan. Program ini sendiri tak hanya diterapkan di Semarang, namun juga telah diluncurkan di berbagai wilayah di Indonesia. Termasuk di Surabaya, Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Bali, Sulawesi, Maluku dan Papua,” kata Putu dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Putu menjelaskan, CSR yang diberikan kepada mekanik itu untuk program satu tahun. Sehingga, selama setahun Pertamina Lubricants membayar seluruh iuran mekanik, dan tidak menutup kemungkinan akan terus diperpanjang pada tahun berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Semarang Bimantor menambahkan, program CSR bagi mekanik Pertamina Lubricants di Region IV telah berjalan di tahun kedua. Sehingga, diharapkan program tersebut bisa berjalan berkelanjutan.

“Integrasi program CSR Pertamina Lubricants dengan BPJS Kesehatan sejak tahun lalu, ini merupakan hal yang sangat positif. Ini merupakan dukungan yang luar biasa dari Pertamina Lubricants terhadap program pemerintah, sekaligus menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat. Kami sangat mengapresiasi program CSR ini, dan diharapkan banyak BUMN, BUMD dan badan usaha lainnya meniru program semacam ini,” ucap Bimo. (Bud)