Polda Jateng Sebar Mobil SAR Untuk Terangi Jalan Tol Fungsional Saat Malam

Semarang, Idola 92.6 FM – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan jalan tol fungsional dari Batang-Semarang pada Lebaran tahun ini, dibuka hingga malam hari. Sehingga, perlu ada penerangan lampu bagi pemudik yang melintas di waktu malam.

Penerangan yang digunakan berasal dari mobil SAR Polri, dan bisa menerangi hingga radius 100 meter di ruas tol fungsional.

Menurut Condro, meski tidak banyak jumlahnya, namun keberadaan mobil SAR yang dilengkapi lampu itu setidaknya bisa membantu pemudik saat melintas di malam hari.

“Antar-rest area tidak ada penerangan, yang ada cuma di rest area. Sehingga, kita tambah dan gunakan lampu-lampu SAR milik Polri untuk menerangi sekitar radius 100 meter di jalur tol fungsional,” kata kapolda, Senin (11/6).

Lebih lanjut Condro menjelaskan, lampu-lampu penerangan memang kebanyakan berada di sekitar lokasi rest area di tol fungsional serta di pintu masuk dan keluar. Dengan adanya bantuan penerangan lampu radius 100 meter, akan memudahkan pemudik melintas, di samping rambu-rambu tolo-tolo yang dipasang Jasa Marga.

“Tapi saya tetap ingatkan, laju kendaraan tidak boleh lebih dari 40 kilometer per jam,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut kapolda, pihaknya juga akan membantu para pemudik sepeda motor yang masuk wilayah Jateng. Para pemudik akan dikumpulkan di perbatasan Jabar-Jateng, dan nantinya dikawal menuju ke Semarang.

“Khusus untuk pengawalan pemudik yang masuk wilayah Jawa Tengah, kita lakukan itu untuk antisipasi,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Meredam Gejolak Global dan Menguatkan Ekonomi Nasional?
Artikel selanjutnyaPolisi Ingatkan Pemudik Lewat Tol Fungsional Kecepatan Maksimal 30 Km/jam