Sekjen Kemenhub Minta Pekerjaan Terminal Bandara Ahmad Yani Bisa Selesai Sebelum Lebaran

Semarang, Idola 92.6 FM – Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo meminta terminal Bandara Ahmad Yani Semarang, bisa digunakan sebelum Lebaran nanti. Hal itu dikatakannya saat meninjau pembangunan Bandara Ahmad Yani yang baru, Kamis (22/3) sore.

Sugihardjo yang ditemani Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose tersebut, melihat sekeliling kompleks bandara yang baru. Mulai dari bangunan penunjang, hingga terminal bandara.

Sugihardjo mengatakan terminal bandara yang baru ini, akan bisa digunakan sementara pada masa angkutan Lebaran nanti. Hanya saja, untuk areal yang bisa dimanfaatkan masih terbatas. Yakni di lantai satu saja.

Menurutnya, pada saat dioperasionalkan nanti seluruh aktivitas pembangunan di terminal berhenti sementara. Hal itu untuk menjaga keselamatan dari para calon penumpang, awak kabin dan pekerjanya sendiri.

“Meninjau kesiapan operasional Bandara Ahmad Yani, karena ini termasuk proyek strategis nasional. Mengingat bandara yang ada sekarang itu kapasitasnya 800 ribuan orang dengan luasan 5.800an, kenyataannya penumpang mencapai 4,4 juta orang per tahun. Sehingga, kita tingkatkan luasan arealnya menjadi 58 ribuan atau sembilan kali dari sebelumnya. Harapannya, mampu menampung enam juta penumpang per tahun,” kata Sugihardjo.

Lebih lanjut Sugihardjo menjelaskan, dari kelima paket pekerjaan pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang yang baru itu sebenarnya beberapa di antaranya sudah rampung 100 persen. Pekerjaan yang saat ini sedang dilakukan percepatan pembangunannya adalah sarana prasarana penunjang terminal penumpang, misalnya pembangunan lahan parkir dan juga gedung pertolongan kecelakaan.

“Beberapa paket pekerjaan sudah rampung. Kayak paket satu itu yang pembuatan akses jalan, kita sudah dibantu Pemkot Semarang yang membangunkan akses jalan menuju bandara baru,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengevaluasi Dua Dasawarsa Reformasi, Sudahkah Sesuai dengan Tujuan dan Cita-Cita Reformasi?
Artikel selanjutnyaKapolri Resmikan Penggunaan Gedung Mapolda Yang Baru