Arus Mudik Balik Lebaran 2019 di Jateng Terlaksana Sukses

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat menyampaikan hasil analisa dan evaluasi Lebaran 2019 di Hotel UTC, Selasa (18/6).

Semarang, Idola 92.6 FM – Pelaksanaan arus mudik balik Lebaran 2019 yang masuk atau melintas di Jawa Tengah untuk kendaraan pribadi, terbilang cukup lancar. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat dalam diskusi anev Lebaran 2019 di Hotel UTC, Selasa (18/6).

Satriyo menjelaskan, pergerakan arus lalu lintas di jalur pantura dan jalur tengah serta selatan ramai lancar. Demikian juga untuk jalur pansela, jalur penghubung utara-selatan dan di ruas jalan tol Trans Jawa yang melintas di wilayah Jateng.

Menurutnya, kelancaran selama pelaksanaan arus mudik balik Lebaran tahun ini tidak lain karena penerapan one way dari Korlantas Polri. Yakni dimulai pada 30 Mei samapi 2 Juni 2019, dari Gerbang Tol Cikarang Utama sampai Gerbang Tol Pejagan, Brebes dan diperpanjang 3-4 Juni sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Satriyo menjelaskan, untuk arus balik yang juga diterapkan sistem one way juga berdampak baik pada pergerakan arus lalu lintas. Sehingga, beberapa ruas jalan tol yang mengalami kepadatan saat arus balik bisa langsung tertangani.

“Secara umum, pelaksanaan posko ketupat Lebaran ini mampu dikendalikan. Jalan pantura ramai pada saat H-4, dan terjadi penumpukan kendaraan. Penghubung utara dan selatan juga cukup lancar, sudah banyak pemudik yang gunakan ruas Pemalang-Belik-Bobotsari-Purbalingga. Penerapan one way juga sangat efektif, sehingga situasi ini yang dilakukan relatif lancar mudik dan baliknya,” kata Satriyo.

Lebih lanjut Satriyo menjelaskan, pihaknya juga memberi penghargaan kepada jajaran Pertamina MOR IV yang mampu menyediakan pasokan bahan bakar minyak (BBM) lebih dari cukup. Sehingga, tidak ada keluhan dari pemudik yang kehabisan BBM saat melakukan perjalanan arus mudik balik Lebaran tahun ini.

“Teman-teman Pertamina juga menyiapkan BBM motorist, untuk antisipasi pemudik kehabisan BBM di tengah jalan,” jelasnya.

Pada masa angkutan Lebaran tahun depan, lanjut Satriyo, diharapkan bisa lebih baik lagi tidak hanya di jalan tol tapi juga ruas jalan nasional. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenakar Plus-Minus Penerapan Sistem Zonasi dalam PPDB 2019
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis Sekaligus Pemecahan Rekor

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini