Bandara Ahmad Yani Setujui Enam Extra Flight Lebaran

Maskapai Citilink Lebaran tahun ini mengajukan extra flight untuk melayani pemudik.

Semarang, Idola 92.6 FM – Menjelang Lebaran, Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada tahun ini, siap memberikan pelayanan kepada pemudik yang akan pulang ke kampung halaman. Baik rute penerbangan domestik maupun mancanegara.

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan pihaknya akan membuka posko terpadu angkutan Lebaran, yang dibuka pada 29 Mei sampai 13 Juni 2019. Posko tersebut, nantinya akan memonitor pergerakan pesawat, penumpang dan kargo selama 16 hari pelaksanaan posko.

Menurutnya, posko terpadu angkutan Lebaran itu terdiri dari sejumlah instansi terkait. Di antaranya personel TNI/Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, BMKG dan juga Basarnas Semarang.

Hardi menjelaskan, pada arus mudik Lebaran tahun ini pihaknya membuka enam extra flight domestik untuk empat maskapai penerbangan. Yakni Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air dan Trigana Air.

“Ada tambahan extra flight pada Lebaran nanti. Ada enam penerbangan, khusus yang domestik. Yaitu Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air dan Trigana yang khusus rute luar Jawa. Perkiraan kami puncak arus mudik di bandara terjadi pada H-3 Lebaran, dan nanti sampai H+7. Untuk bandara, saat ini sudah bisa menampung 13 ribu-17 ribu penumpang per harinya. Sekarang masih 7-9 ribu penumpang per hari. Tapi, saya kira Lebaran ini diperkirakan jumlah penumpang turun sekitar 10 persen karena tarif pesawat,” kata Hardi, kemarin.

Hardi lebih lanjut menjelaskan, pada Lebaran ini diperkirakan ada 123 flight keberangkatan maupun kedatangan dengan kapasitas 24.104 tempat duduk.

“Tahun ini mungkin akan ada sekian persen penurunan jumlah penumpang dibanding Lebaran tahun kemarin. Ini karena dampak tersambungnya jalan tol Trans Jawa, dan ditambah tiket pesawat yang masih mahal,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJelang Arus Mudik, Pemprov Jateng Kebut Pekerjaan Jalan
Artikel selanjutnyaTPID Jateng Sediakan 4 Ribu Paket Sembako di Pasar Murah
Wartawan senior Radio Idola Semarang.