Bertahap, KPU Jateng Selesaikan Proses Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019

Semarang, Idola 92.6 FM – Pada hari kedua ini, KPU Jawa Tengah menyelesaikan penghitungan suara untuk Kota Salatiga, Kabupaten Grobogan, Pati, Kudus, Batang, Sragen, Banyumas dan Kabupaten Tegal.

Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat mengatakan penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 yang ada di provinsi ini, dijadwalkan bisa selesai pada 10 Mei nanti.

Saat ini, jelas Yulianto, KPU di kabupaten/kota di Jateng sudah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019. Sedangkan Kota Semarang dan Kabupaten Pemalang, dijadwalkan bisa selesai pada 7 Mei 2019.

“Karena tahapannya di provinsi itu paling lambat adalah tanggal 12 Mei, dan di kabupaten/kota paling lambat adalah tanggal 7 Mei. Saat ini masih ada beberapa kabupaten/kota, yang tengah menuntaskan karena kebetulan TPS-nya besar. Ada beberapa kecamatan yang TPS-nya besar, misalnya di Kota Semarang di Kecamatan Pedurungan masih proses juga. Di beberapa kabupaten/kota juga sedang proses, dan berjalan simultan dan nanti di KPU provinsi kita jadwalkan yang paling akhir,” kata Yulianto, Selasa (7/5).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, untuk penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat provinsi diharapkan bisa sesuai jadwal. Sehingga, hasilnya bisa diserahkan ke KPU RI.

Sementara, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel meminta anggotanya yang bertugas mengamankan kegiatan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di KPU Jateng, untuk selalu siap dan siaga. Selain itu, juga selalu melaporkan perkembangan di kantor KPU Jateng mengenai pengamanannya.

“Ada 40 personel yang kami tempatkan di kantor KPU Jateng, dibantu anggota TNI untuk mengamankan proses rekapitulasi penghitungan suara,” jelas kapolda. (Bud)