Dengan Linkes Jateng, Masyarakat Bisa Tahu Grafik Kesehatan di Provinsi ini

Semarang, Idola 92.6 FM – Juli 2016 yang lalu, telah meluncurkan sistem informasi kesehatan berbasis internet. Yakni Layanan Informasi Kesehatan Jawa Tengah atau Linkes Jateng.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan sistem Linkes Jateng itu bisa dibuka lewat komputer ataupun Android. Aplikasi tersebut merupakan dashboard layanan informasi kesehatan di Jateng dan bisa diakses publik.

Menurutnya, layanan kesehatan yang dikemas dalam sistem informasi berbasis teknologi informasi ini mampu menampilkan frafik kesehatan dari tingkat nasional hingga daerah.

Yulianto menjelaskan, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa mengetahuinya lewat Linkes Jateng. Sehingga, seluruh masyarakat Jateng mendapat pelayanan kesehatan yang terbaik.

“Kita punya aplikasi banyak sekali. Aplikasi-aplikasi yang ada itu bisa diunduh dan dibuka di linkes jateng, Layanan Informasi Kesehatan Jateng. Itu lengkap di sana. Bisa diakses lewat Android atau handphone. Ada informasi tentang kematian ibu dan bayi, demam berdarah, HIV/AIDS dan akses jamban,” kata Yulianto baru-baru ini.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, sistem informasi tersebut merupakan salah satu langkah untuk memberikan pelayanan yang mudah, murah, cepat dan transparan serta akuntabel kepada masyarakat.

“Sistem Linkes Jateng memuat 12 informasi yang terdiri dari lima informasi dari program nasional, dan tujuh informasi program daerah,” ucap Yulianto.

Yulianto menyebutkan, dengan Linkes Jateng tujuan menurunkan angka kesakitan dan kematian, terutama di delapan masalah prioritas kesehatan di Jateng bisa berhasil. Yakni Kematian ibu dan kematian bayi, stunting, eliminasi malaria dan TBC, HIV/AIDS dan menurunkan angka penyakit tidak menular serta meningkatkan akses santitasi. (Bud)

Artikel sebelumnyaPLTU Tanjung Jati B Tekan Fly Ash Hingga 60 Persen
Artikel selanjutnyaEliminasi Kasus AKI, Dinkes Jateng Minta Bidang Desa Data Ibu Hamil Pakai Aplikasi 5NG

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini