Gaet Pasar Jelang Lebaran, Pabrikan Mobil Eropa Mulai Tawarkan Produk ke Masyarakat Semarang

Menjelang Ramadan ini, pameran mobil banyak diburu masyarakat yang ingin ganti atau membeli mobil baru untuk mudik Lebaran. Salah satunya pameran Sauto Expo 2019 di Atrium Mal Ciputra.

Semarang, Idola 92.6 FM – Masyarakat Indonesia masih menyukai mobil pabrikan asal Jepang, sehingga pasar mobil Eropa untuk meraih hati calon pembeli hanya untuk kalangan penyuka mobil Eropa saja.

Sales Eksekutif diler VW di Jateng Eko Anggoro mengatakan pada masa Ramadan dan menjelang Lebaran nanti, pihaknya melakukan penetrasi pasar menggaet calon pembeli. Terutama, yang menyukai jenis mobil-mobil Eropa.

Menurutnya, VW Polo yang menyasar pasar city car ini memiliki keunggulan dan tidak dimiliki produk city car pabrikan dari Jepang.

“Kalau Ramadan dan Lebaran nanti, yang paling laris mungkin tipe Polo. Model city car Polo kita yang NIK 2018 sudah kosong stoknya, dan tinggal produk terbaru sudah bisa open indent. Kalau mobil Eropa tentu pasarnya beda dengan mobil Jepang, ada segmen sendiri. Kita ambil punya kita yang Pollo saja, mesin 1.200 cc sudah pakai mesin turbo. Kalau city car buatan Jepang belum ada yang pakai turbo dengan cc sama,” kata Eko, kemarin.

Eko menjelaskan, dengan mengusung nama besar VW dirinya optimistis mampu meraih hati konsumen di Jateng lewat pameran Sauto 2019 di Atrium Mal Ciputra mulai 3-14 Mei ini.

Hal serupa juga dilakukan diler Mazda Semarang, dan memanfaatkan momentum menjelang Ramadan untuk meraih hati calon konsumen.

Sales Counter Mazda Semarang Maydita menjelaskan, pihaknya sebagai penyedia mobil buatan Eropa juga mengaku sudah memiliki pelanggan sendiri. Sehingga, meski kebanjiran produk asal Jepang, pihaknya tidak merasa khawatir.

Salah satu upaya menarik minat pelanggan baru, jelas Maydita, dengan menawarkan sejumlah promo menarik dan mampu mengangkat penjualan di masa Ramadan.

“Pemantik calon pembeli dengan pemberian diskon sampai dengan Rp50 juta, dan hadiah cabutan. Target penjualan selama pameran 10 unit. Selama ini, tulang punggung penjualan kita tetap CX5 sama Mazda 2. Per bulan bisa 20-25 unit,” ujar Maydita.

Senior Project Manager MJA Organizer Dian Citra Lestari menyatakan, pameran Sauto ini menjadi momentum yang pas bagi masyarakat. Terutama, bagi yang ingin berganti mobil baru menjelang Lebaran. Diharapkan, hasilnya bisa lebih baik dari tahun kemarin.

“Tingkat kunjungan di Mal Ciputra rerata 25 ribu per hari dan weekend bisa 35 ribu, sehingga bisa dimanfaatkan para vendor otomotif dalam memasarkan produknya,” ucap Dian. (Bud)