Hasil SNMPTN 2019 Diumumkan, 92.331 Siswa Dinyatakan Diterima di 85 PTN

Semarang, Idola 92.6 FM – Perasaan dagdigdug yang menyelimuti hati siswa kelas XII SMA sederajat terjawab sudah, setelah hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 diumumkan, Jumat (22/3) kemarin. Sebanyak 92.331 siswa peserta SNMPTN 2019 dinyatakan lulus seleksi, dan diterima di 85 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

- Advertisement -

Total siswa yang dinyatakan lulus itu, setelah dilakukan seleksi terhadap 478.608 siswa. Sedangkan dari jumlah yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, 26.217 siswa di antaranya berasal dari peserta Bidikmisi.

Wakil Rektor Universitas Diponegoro Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir Muhammad Zaenuri, DeA mengatakan Undip masuk dalam 10 besar PTN yang difavoritkan para siswa di SNMPTN 2019.

Menurutnya, para peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 bisa melihat pengumuman sekaligus tahapan berikutnya di sini.

Zaenuri menjelaskan, kepada para siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 diwajibkan hadir pada saat registrasi atau daftar ulang sesuai dengan waktu dan tempat berdasarkan ketentuan masing-masing PTN tujuan. Kehadiran pada saat daftar ulang, akan menentukan proses verifikasi dan status penerimaan SNMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan.

“Untuk itu, kami mohon para peserta melihat pengumuman secara rinci. Mohon diperhatikan petunjuk-petunjuk, terutama di bawah layar yang menyata beberapa data-data verifikasi yang harus dilakukan para siswa agar yang bersangkutan bisa diterima di perguruan tinggi yang dituju. Sekiranya data itu belum ada, mohon bisa segera dilengkapi dan berhubungan dengan SMA-SMA tempat siswa itu berasal,” kata Zaenuri dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Zaenuri menjelaskan, bagi peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 diminta segera menunjukkan rapor dan portofolio asli serta ijazah atau surat keterangan tanda lulus asli. Sedangkan bagi peserta Bidikmisi, harus lolos verifikasi data akademik dan verifikasi data ekonomi atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.

“Bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak boleh mendaftar di SBMPTN 2019,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Zaenuri, bagi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019 masih diberi kesempatan mendaftar ujian tulis berbasis komputer (UTBK) gelombang I. Pendaftarannya ditutup pada Minggu (24/3) besok pukul 22.00 wib. Sedangkan Gelombang II, pendaftarannya dibuka pada Senin (25/3) dan berakhir pada Senin (1/4) pukul 22.00 wib. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini