Jelang Lebaran, Bandara Ahmad Yani Semarang Siap Sambut Pemudik

Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi (kanan) saat meresmikan masjid baru di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92.6 FM – Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada tahun ini, akan lebih siap di dalam melayani para pemudik. Sebab, seluruh infrastruktur di bandara sudah 100 persen selesai dan bisa digunakan para calon penumpang.

Menurutnya, pada Lebaran tahun kemarin belum maksimal melayani calon penumpang karena kondisi terminal baru mencapai 97 persen.

Oleh karena itu, jelas Faik, pada Lebaran tahun ini persiapannya akan lebih baik di dalam melayani para penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Sebab, 100 persen bangunan bandara telah selesai dikerjakan berikut dengan ornamen-ornamen pemanisnya.

“Kalau di Semarang ini karena bandara baru dan kapasitas lebih besar, kita jauh lebih siap. Harapannya, tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Memang Lebaran tahun kemarin ada penurunan dengan operasinya tol Trans Jawa, dan ada dampak dari penurunan jumlah penumpang. Tapi, dengan bandara yang sudah bagus, penurunan penumpang tahun ini tidak terjadi lagi. Karena saya melihat ada beberapa wacana airline yang membuka rute baru,” kata Faik di sela peresmian Masjid Baitus Salam di kompleks Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Rabu (10/4).

Faik lebih lanjut menjelaskan, puncak arus mudik dan balik tahun kemarin terjadi di H+4 Lebaran. Yakni, penumpang yang melalui bandara sebanyak 19.500 orang dan dilayani 150 pesawat.

“Mudah-mudahan tahun ini jumlah penumpangnya terus bertambah, meski tol Trans Jawa jadi alternatif bagi masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman,” jelasnya.

Diketahui, berdasarkan catatan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sepanjang Januari-Desember 2018, melayani 5,1 juta penumpang. Sedangkan kapasitas penumpang di terminal bandara, mampu menampung 6,9 juta penumpang per tahunnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Menangkal dan Mengantisipasi Hoaks dalam Pemilu 2019?
Artikel selanjutnyaRibuan Warga Ikut Doa Bersama Bersama Forkopimda Jateng Untuk Pemilu Damai