Lebaran Dongkrak Ekonomi di Jateng

Dampak Ekonomi Lebaran

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pada masa libur Lebaran kemarin, banyak pemudik yang pulang ke kampung halamannya masing-masing atau sekadar singgah sebelum melanjutkan perjalanan. Kepulangan para pemudik ke kampungnya atau melintas ke Jateng, turut mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

Menurutnya, tradisi mudik Lebaran cukup memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Ganjar menjelaskan, meskipun peningkatan perekonomian itu belum bisa diukur secara statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS), namun paling tidak bisa dirasakan ada geliat ekonomi. Yakni, perputaran uang yang ada di wilayah Jateng.

Gubernur Ganjar Pranowo mengunjungi rumah guru SD-nya dulu, Wagiyo saat Lebaran kemarin.

“Setidaknya mereka belanja oleh-oleh dan baju, piknik dan kuliner di wilayah atau daerah yang dikunjungi di Jawa Tengah. Saatnya diaspora kampung itu yang sukses, kembali dan memikirkan kampungnya masing-masing. Mari ikut berantas kemiskinan dan kebodohan, agar tempat lahirnya atau kampung halamannya itu maju,” kata Ganjar, Jumat (14/6).

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, para pemudik yang pulang kampung atau singgah di Jateng akan mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli sekadar oleh-oleh berbelanja kebutuhan masing-masing. Sehingga, pedagang makanan maupun oleh-oleh khas daerah mendapat berkah di hari raya.

“Ada banyak perputaran uang, minimal di sekitar tempat tinggal atau kampung halamannya. Itu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaUkur Kebugaran ASN, Dinas Kesehatan Jateng Ajak Pegawai Lari 4 Kali Keliling Lintasa TLJ
Artikel selanjutnyaKunjungan Wisatawan Domestik ke Jateng Naik 40 Persen Selama Libur Lebaran

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini