Kunjungan Wisatawan Domestik ke Jateng Naik 40 Persen Selama Libur Lebaran

Karimunjawa, salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Tengah. (Credits: Fourfootprints)

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Sinoeng Rahmadi mengatakan selama liburan Lebaran kemarin, banyak obyek wisata unggulan di Jateng yang ramai dikunjungi wisatawan. Terutama, wisatawan domestik yang kebanyakan merupakan pemudik.

Banyak destinasi wisata di provinsi ini, jelas Sinoeng, yang ramai dipadati pengunjung atau wisatawan saat libur hari raya kemarin. Bahkan, mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang melebihi target.

Menurutnya, peningkatan kunjungan wisatawan saat Lebaran kemarin mencapai 40 persen dibanding kunjungan saat hari biasa.

Sinoeng, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah.

Sinoeng menjelaskan, sebelum masuk masa libur Lebaran dirinya sempat memerkirakan jika kenaikan jumlah kunjungan wisatawan Lebaran tahun ini sekira 25 persen.

“Dari beberapa pantauan yang sudah kita lakukan di kabupaten/kota terutama destinasi unggulan di Jawa Tengah, misal di Solo, Magelang, Banyumas, Wonosobo dan Semarang mengalami peningkatan rata-rata melebihi dari target kami. Padahal, sebelum Lebaran atau pertengahan Ramadan kemarin kami memerkirakan bahwa peningkatan kunjungan wisatawan lokal mencapai 25 persen dibanding hari biasa. Alhamdulillah, data sementara di tempat kami rata-rata di atas 40 persen,” kata Sinoeng, Sabtu (15/6).

Lebih lanjut Sinoeng menjelaskan, kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Jateng itu tidak lepas dari pembangunan infrastruktur. Yakni, akses jalan menuju obyek wisata.

“Selain itu juga, karena adanya perbaikan pelayanan di setiap destinasi wisata yang selalu kita pantau lewat media sosial. Misalnya soal tarif, boleh naik tapi wajar dan tidak sampai membebani wisatawan. Penjual kuliner atau makanan juga tidak lepas dari perhatian kami,” jelasnya.

Menurut Sinoeng, kebanyakan wisatawan yang datang itu memilih destinasi wisata alam. Misalnya pegunungan, air terjun, pantai dan lainnya menjadi lokasi favorit. (Bud)

Artikel sebelumnyaLebaran Dongkrak Ekonomi di Jateng
Artikel selanjutnyaMasyarakat Lokal Dilibatkan Dalam Pengembangan Kawasan Candi Borobudur

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini