236 Extra Flight Siap Layani Pemudik di Bandara Ahmad Yani Saat Lebaran

Penumpang Pesawat
Sejumlah penumpang yang turun dari pesawat saat menanti pengambilan bagasi di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sediakan 236 extra flight, untuk melayani pemudik selama masa Lebaran tahun ini.

Extra flight itu diajukan empat maskapai penerbangan di antaranya adalah Garuda Indonesia dan Lion Air.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada mengatakan pada Lebaran tahun ini diperkirakan ada 60 pergerakan pesawat tiap hari, yang melayani 7.107 penumpang per harinya. Pernyataan itu dikatakan usai menggelar apel pasukan di lokasi dropzone bandara, Rabu (3/4).

Fajar menjelaskan, posko Lebaran yang digelar di areal Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi pesawat terbang.

Posko Lebaran di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, beroperasi mulai 3-18 April 2024.

“Kami prediksikan untuk puncak arus mudik terjadi di tanggal 6 April, sedangkan puncak arus baliknya terjadi di tanggal 15 April. Kira-kira antara 8 ribu sampai 9 ribu penumpang pada saat puncaknya,” kata Fajar.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, saat ini terlihat sudah terjadi adanya peningkatan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani dibanding sebelumnya.

Menurutnya, sebelum arus mudik Lebaran dimulai sudah ada 58 jadwal penerbangan dan 6.800 penumpang.

“Biasanya itu hanya berkisar di angka 5 ribu atau 6 ribu penumpang. Mudah-mudahan ini bisa kita layani dengan baik,” jelasnya.

Sementara untuk pengajuan tambahan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani tahun ini, tercatat ada 236 jadwal penerbangan.

“Untuk rute-rute yang padat adalah ke Jakarta dan Banjarmasin,” pungkasnya. (Bud)