Ditlantas Buka One Way Lokal Selama 3 Jam

Petugas kepolisian bersiap melakukan one way lokal
Petugas kepolisian bersiap melakukan one way lokal dari Gerbang Tol Kalikangkung menuju Bawen, Minggu (7/4).

Semarang, Idola 92,6 FM-Ditlantas Polda Jawa Tengah mengeluarkan kebijakan one way lokal yang dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung sampai Bawen, Minggu (7/4).

Pemberlakuan one way lokal dilakukan selama tiga jam, guna mengurangi padatan arus lalu lintas yang terjadi di sekitar ruas jalan tol dalam Kota Semarang ABC tepatnya di ruas Manyaran.

Dirlantas Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan berdasarkan indikator-indikator yang terjadi di lapangan, maka diambil kebijakan memberlakukan one way lokal dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Bawen.

Proses dimulai one way lokal dilakukan dengan sterilisasi, dan nantinya ada rekayasa di Simpang Susun Jangli.

Sonny menjelaskan, saat ini volume kendaraan yang berada di Gerbang Tol Kalikangkung hingga sampai Manyaran cukup padat.

“Berdasarkan traffic accounting yang ada itu lebih dari 69 ribu kendaraan dan puncaknya ada di 6 April kemarin. Sementara volume rata-rata kendaraan yang melintas stabil di angka tiga ribu kendaraan. Sedangkan pada waktu puncak mudik itu dari pagi sampai sore volume lalin stabil naik di angka tiga ribu kendaraan,” kata Sonny.

Lebih lanjut Sonny menjelaskan, dengan pemberlakuan one way lokal dari Gerbang Tol Kalikangkung sampai Bawen selama tiga jam diharapkan kepadatan arus lalu lintas bisa berkurang.

“Pengalaman malam kemarin berhasil sampai di Bawen, tapi kalau memang dibutuhkan sampai Tingkir Salatiga akan kita lakukan,” tegasnya. (Bud)