Jelang Lebaran, Indomie Berangkatkan Mudik 11.275 Pengusaha Warmindo

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) memberangkatkan belasan ribu pengusaha Warung Makan Indomie (Warmindo) beserta keluarga menuju ke kampung halaman masing-masing. Kali ini, Indomie menyediakan 194 bis yang diberangkatkan dari 36 titik yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Malang.

Andy Afiril Awan,  Area Selas Promotion Manager Semarang mengatakan, program mudik yang telah berjalan sejak tahun 1994 ini disambut gembira oleh para mitra Indomie, pengusaha Warmindo.  Sejak pertama kali dilaksanakan, jumlah peserta yang mengikuti program Mudik Bersama Indomie terus meningkat.

”Tahun ini, total jumlah peserta secara nasionalnya mencapai 11.275 orang. Untuk Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kami memberangkatkan 2.405 orang menggunakan 45 bis, dari 2 titik keberangkatan yaitu Semarang dan Yogyakarta. Tujuannya beragam, diantaranya Kuningan, Sumedang, dan Tasikmalaya.” Ujarnya

Menurutnya jumlah pengusaha warung makan indomie terus mengalami peningkatan tiap tahunnya, yang tentunya berimbas pada peningkatan penjualan produk Indomie. Saat ini jumlah outlet warmindo di Semarang mencapai 500 unit, sementara di DI Yogyakarta mencapai 1.400 unit.

“Biasanya nanti kalau pulang bawa saudaranya untuk jualan. Peningkatan jumlah warmindo sekitar 10 -15 persen. Saat ini total oulet ada 500 di semarang dan 1.400 di Yogyakarta,” ujarnya

Andy menambahkan, selama bulan ramadan ini permintaan produk Indomie mengalami peningkatan hingga 15 persen dibanding tahun lalu. Hal ini menyusul adanya sejumlah varian baru yang diluncurkan khsus selama bulan puasa saja.

“memang ada peningkatan sekitar 15 persen jika dibandingkan tahun lalu secara volume, karena kita ada produk – produk baru,” ujarnya

Sementara itu Asisten administrasi pemerintah provinsi Jawa Tengah, Muhammad Arif Sambodo menyambut baik program mudik gratis pedagang warmindo ini. Program ini akan menurutnya akan memberikan mengurangi kepadatan pemudik di jalan raya, apalagi diperkirakan tahun ini ada 193,6 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik.

“Apa yang dilakukan Indofood ini dapat mengurai kepadatan di arus lalu lintas paling tidak di jawa ini,” ungkapnya

Ia berharap program seperti ini bias dicontoh oleh perusahaan lain, yang merupakan bagian dari tanggung jawab social. Pemerintah provinsi jawa tengah sendiri juga menggelar program mudik gratis untuk warga Jawa tengah yang ada di wilayah Jakarta.

“pemerintah provinsi juga melakukan program mudik gratis mulai tanggal 6 sampai 15 april mendatang,” pungkasnya

 

Artikel sebelumnyaMenganal TBM Bale Baca Cijayanti dari Bogor
Artikel selanjutnya236 Extra Flight Siap Layani Pemudik di Bandara Ahmad Yani Saat Lebaran
Timotius Aprianto
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.