Menganal TBM Bale Baca Cijayanti dari Bogor

Dwi Sulistia Ningsih
Dwi Sulistia Ningsih, pendiri Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bale Baca Cijayanti Bogor. (Foto: Dwi)

Bogor, Idola 92.6 FM – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bale Baca Cijayanti berdiri sejak 2019 lalu. TBM bukan hanya sebagai tempat membaca buku tetapi berfungsi sebagai tempat mendidik soft skill (bakat kemampuan).

Sosok yang peduli akan masa depan generasi muda itu adalah Dwi Sulistia Ningsih yang tak lain pendiri TBM Bale Baca Cijayanti di Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Menurut Alumni Universitas Diponogoro (Undip) Semarang ini, dengan dilatihnya soft skill di TBM Bale Baca Cijayanti para anak dan remaja terbuka pola pikirnya (mindset) hingga berani komunikasi, melatih bakat, berkeinginan untuk berprestasi di bidangnya maupun lainnya.

Dwi Sulistia Ningsih_acts
Kegiatan TBM Bale Baca Cijayanti Bogor. (Foto: Dwi)

Komunitas Bale Baca Cijayanti memang berdiri untuk membantu para anak di desa agar bisa berkembang dengan maksimal. Dwi tak ingin potensi besar yang dimiliki anak terbuang sia-sia hanya karena lingkungan desa yang jauh dari kota hingga kurangnya fasilitas penunjang pembelajaran, seperti buku-buku bacaan.

Tak hanya mendirikan TBM, sebelumnya ia juga mengajak warga yang bergerak di usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk terus berkreasi. Hasilnya, sekitar 30 UMKM yang ikut dalam program Dwi.

Dwi Sulistia Ningsih_produk
Salah satu produk UMKM yang dikelola Dwi dan warga. (Foto: Dwi)

Atas apa yang dilakukan, Dwi meraih penghargaan MUDA30 dari Pijar Foundation bulan Maret 2024.

Selengkapnya, mengenal TBM Bale Baca Cijayanti di Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Jawa Barat berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Dwi Sulistia Ningsih, pendiri TBM Bale Baca Cijayanti Bogor. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: