Darmawan Sunarja, Kepala Sekolah Inspiratif dari Bogor

Pelepasan siswa siswi angkatan ke-7 SMK Pariwisata Metland School
Pelepasan siswa siswi angkatan ke-7 SMK Pariwisata Metland School. (photo/smkmetland)

Bogor, Idola 92.6 FM – Banyak makan asam garam berbagai profesi membuat sosok guru satu ini memahami bagaimana mendidik dengan sentuhan hati. Pengalaman yang telah ia lalui sebagai pendidik, mengantarkan ia menjadi sosok Inspiratif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2023.

Ia adalah Darmawan Sunarja (58 tahun), Kepala SMK Metland Cileungsi Bogor Jawa Barat. Kiprahnya di SMK Metland berawal pada 10 tahun silam, ketika ditawari untuk mendirikan sekolah oleh teman dari Metropolitan Land.

“Bapak, mau gak kita bikin sekolah. Oke, tapi saya gak mau kalau kecil-kecil. Saya mau ya, sekolahnya ya besar dong,”cerita Darmawan kepada Radio Idola, pagi (10/01) tadi. Akhirnya pada saat itu, berdirilah SMK Pariwisata. Bermula dari dua bangunan ruko dengan 12 siswa, kini sekolah itu menempati gedung berlantai 5 dengan hampir 700 siswa.

Ia menuturkan dari awal berkarier hingga sekarang, dirinya tak lepas dari dunia marketing. Meskipun juga terjun ke dunia pendidikan.

“Orang marketing selalu berpikir apapun yang dibuat itu harus memberikan kepuasan pada konsumen dan mempunyai value. Sehingga itulah yang melekat saat membangun sekolah itu,”ungkap Darmawan yang juga pernah menjadi penyiar radio swasta tersebut.

Tahun 2021, SMK Metland sudah berstatus sebagai SMK Pusat Keunggulan. Kerja sama dengan luar negeri terus dikembangkan antara lain dengan sekolah vokasi di Thailand dan Jepang, lembaga sertifikasi di Singapura serta jaringan sekolah-sekolah UNESCO. Tak hanya itu, berbagai prestasi juga ditorehkan seperti meraih penghargaan dari SEAMEO SEAMOLEC 2022. Sebelumnya pada 2020, juga meraih penghargaan dari SEAMOLEC.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Darmawan Sunarja, Kepala SMK Metland Cileungsi Bogor. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: