Yang Mudik Pakai Kendaraan Listrik Tenang Saja, Cek Lokasi Mana Saja Ada SPKLU

SPKLU
Seorang pemudik saat mengisi daya mobil listrik di SPKLU rest area.

Semarang, Idola 92,6 FM-Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan listrik tidak perlu khawatir, PLN telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) guna menghadapi arus mudik dan balik Lebaran.

Pengguna kendaraan listrik yang melewati wilayah Jawa Tengah tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Dari tol Brebes sampai dengan Sragen, terdapat 21 rest area yang sudah terpasang 45 unit SPKLU.

Selain itu, PLN juga sudah menyiapkan dua unit SPKLU Mobile yang dapat mendatangi kendaraan listrik karena kehabisan daya sebelum mencapai titik rest area.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng-DIY Mochamad Soffin Hadi mengatakan pihaknya telah menambah 40 SPKLU baru di Jateng dan DIY, dengan total 98 unit baik berlokasi di rest area tol maupun non tol. Hal itu dikatakan saat berada di Rest Area KM 519A, kemarin.

Menurut Soffin, para pengguna kendaraan listrik tidak perlu ragu menggunakan kendaraan listrik sebagai sarana mobilitas mudik.

“Seluruh SPKLU berfungsi dengan baik, mudah-mudahan mudik Lebaran tahun ini berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Sementara Asisten Deputi Maritim dan Transportasi Kemenko Marvest Firdausi Manti menyatakan, kehadiran infrastruktur pengisian daya mobil listrik antarkota menjawab kekhawatiran masyarakat terkait jarak tempuh yang lumayan jauh.

“Masyarakat tentunya membutuhkan infrastruktur pengisian daya listrik, terutama kalau ke luar kota. Mereka selalu mempertanyakan masalah infrastuktur SPKLU itu sendiri. Untuk itu, kemarin PLN juga sudah menambah sekitar 140-an lebih SPKLU yang ada di Lintas Sumatra sampai Lintas Jawa. Mudah-mudahan masyarakat bisa melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman,” ucap Firdaus. (Bud)