Momentum Lebaran Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sekda Jateng Sumarno
Sekda Jateng Sumarno saat berdialog dengan sejumlah pemudik di Stasiun Tegal, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM-Momentum Lebaran yang identik dengan perjalanan mudik ke kampung halaman, akan berdampak positif pada perekonomian daerah.

Pemprov Jawa Tengah memerkirakan, pemudik yang masuk provinsi ini pada Lebaran 2024 meningkat hampir 55 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sekda Sumarno mengatakan para pemudik yang pulang kampung, diharapkan bisa membelanjakan uangnya di wilayah Jateng. Pernyataan itu dikatakan di sela kunjungan ke Stasiun Tegal, kemarin.

Menurutnya, para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan melalui jalan tol Trans Jawa bisa bisa beristirahat di Rest Area Banjaratma Brebes.

Saat beristirahat itu, para pemudik bisa membeli makanan dan aneka produk dari UMKM setempat.

Sumarno menjelaskan, Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma tidak hanya menjadi tempat beristirahat namun juga sebagai tempat wisata sejarah dan belanja.

Tempat tersebut memanfaatkan bangunan cagar budaya berupa pabrik gula peninggalan Belanda, sehingga banyak yang mampir di sana.

Pada mudik Lebaran 2023, kendaraan yang masuk di rest area tersebut mencapai 20 ribu unit.

Lebaran tahun ini, diperkirakan mengalami peningkatan sehingga berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut pemudik.

“Dari proyeksi masuknya pemudik di Jateng, perputaran uangnya diperkirakan hampir Rp17 triliun. Harapan kami, mudiknya lancar dan berdampak pada perekonomian di Jateng. Karena perputaran uang begitu besar, sehingga perantau, pemudik, dan masyarakat Jateng tambah sejahtera,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, pihaknya juga melakukan persiapan antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan.

Termasuk, lamanya waktu antre di rest area juga telah dipersiapkan.

“Karena tahun ini pemudik yang datang akan lebih banyak, sehingga kesiapannya harus lebih matang,” pungkasnya. (Bud)