Selama Lebaran, Trafik Komunikasi Naik 68 Persen di Wilayah Jateng-DIY

Pemeriksaan BTS
Seorang pekerja sedang melakukan pemeriksaan BTS.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sejumlah operator telekomunikasi menyebut, jika selama periode libur Lebaran terjadi peningkatan trafik komunikasi.

Tidak hanya trafik layanan suara, tetapi juga data atau internet mengalami kenaikan.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan pola penggunaan berbagai jenis layanan data dari pelanggan XL Axiata selama libur Ramadan dan Lebaran, menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Menurutnya, selama periode Ramadan dan Lebaran trafik layanan didominasi streaming yang mencapai 60 persen dan disusul web browsing sebesar 18 persen serta social media 15 persen.

Hal tersebut menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara rerata di seluruh Jawa Tengah dan Yogyakarta sebesar 29 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Peningkatan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kebumen mencapai 68 persen, karena antusiasme masyarakat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

Gede menjelaskan, sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Jateng-DIY juga mengalami kenaikan trafik antara 32 persen hingga 334 persen seiring ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran.

Bahkan, sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut juga mengalami kenaikan antara 12 persen hingga 64 persen.

Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rerata mengalami kenaikan trafik hingga 167 persen.

“Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem,” kata Gede.

Sementara Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto menambahkan, selama periode Ramadan dan Lebaran hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan.

“Kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran. Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” ucap Arif. (Bud)