717 Pergerakan Pesawat Terjadi di Bandara Ahmad Yani Selama Lebaran

Mobil tangki pengangkut avtur
Armada mobil tangki pengangkut avtur akan mengisi BBM ke pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sejak 3 April hingga 13 April 2024, membuka Posko Angkutan Lebaran guna melayani para penumpang yang datang maupun pergi saat arus mudik maupun balik Lebaran.

Tercatat, jumlah pergerakan pesawat selama masa angkutan Lebaran sebanyak 717 pesawat dengan rincian pesawat datang sebanyak 357 pesawat dan berangkat sebanyak 360 pesawat.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Ahmad Zulfian Noor mengatakan terdapat peningkatan sebanyak 10 persen, bila dibandingkan periode Lebaran 2023 untuk jumlah pergerakan penumpang. Hal itu dikatakan secara daring, kemarin.

Zulfian menjelaskan, pada 14 April 2024 yang merupakan puncak dari arus balik di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani diperkirakan jumlah penumpang yang datang dan berangkat 9.475 orang.

Rinciannya kedatangan sebanyak 4.255 orang, dan berangkat sebanyak 5.220 orang.

Menurut Zulfian, untuk pergerakan pesawat sebanyak 65 pesawat dengan kedatangan sebanyak 33 pesawat dan berangkat sebanyak 32 pesawat.

Tercatat, ada 30 extra flight dengan tujuan Banjarmasin dan Balikpapan serta Jakarta.

“Jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Ahmad Yani sebanyak 83.091 penumpang, dengan rincian datang sebanyak 51.324 orang dan berangkat sebanyak 31.767 orang. Pergerakan pesawat selama posko sebanyak 717 pesawat, dengan rincian sebanyak 357 pesawat dan datang sebanyak 390 pesawat,” kata Zul

Lebih lanjut Zul menjelaskan, pihak Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga telah menyiapkan seluruh check in counter guna melayani seluruh calon penumpang.

Selain itu juga disiapkan tambahan kapasitas untuk ruang tunggu bagi calon penumpang sebelum keberangkatan.

“Kami juga bekerja sama dengan maskapai untuk dapat menambah petugas mereka di check in counter,” pungkasnya. (Bud)