Tak Perlu Buru-buru, Waktu Masuk Kerja Buat ASN Bisa Sampai Kamis

Menhub Budi Karya
Menhub Budi Karya saat memberi penjelasan kepada wartawan di GT Kalikangkung.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemudik yang melakukan perjalanan balik, diimbau tidak perlu memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Pemerintah menambah waktu istirahat sejenak di rumah selama dua hari, dan bisa melakukan pekerjaan cukup dari rumah masing-masing khususnya untuk aparatur sipil negara (ASN).

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan kegiatan mudik Lebaran tahun ini, pola pengaturan hampir sama dengan saat arus mudik. Hal itu dikatakan saat melakukan peninjauan ke Gerbang Tol Kalikangkung, belum lama ini.

Budi Karya menjelaskan, pelaksanaan arus balik untuk melancarkan lalu lintas di ruas jalan tol khususnya di tol Trans Jawa diberlakukan sistem one way.

Yakni, dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga berakhir di Gerbang Tol Cikampek Utama.

Menurut Budi Karya, pada saat arus balik juga diimbau para pemudik bisa memanfaatkan waktu perjalanan dengan baik.

Meski ada aturan penambahan waktu untuk masuk kerja alias pekerja diberi kesempatan work form home (WFH) selama dua hari tetap harus diperhatikan waktu perjalanan balik ke rumah masing-masing.

“WA dari pak menPAN RB, bahwa WFH dua hari disetujui. Oleh karenanya pemudik bisa balik dengan tenang, masih ada waktu, tapi lihat waktu-waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan balik dengan baik,” kata Budi Karya.

Lebih lanjut Budi Karya meminta kepada para pemudik yang melakukan perjalanan balik, agar bisa menggunakan waktu istirahat selama perjalanan.

Tujuannya, untuk mengurangi dampak kelelahan akibat melakukan perjalanan jarak jauh dan melelahkan.

“Kita tidak mau ada risiko untuk terjadinya suatu kecelakaan. Kalau perjalanannya lancar, jaga kecepatan dengan aman,” pungkasnya. (Bud)