Ribuan Warga Jateng Mudik Gratis Pakai Kapal

Mudik gratis
Sekda Sumarno menyapa peserta mudik gratis yang baru saja turun dari KM Dobonsolo.

Semarang, Idola 92,6 FM-Sebanyak 2.087 orang dan 889 unit sepeda motor, diangkut kapal milik Pelni KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kemarin.

Ribuan pemudik itu, merupakan peserta program mudik gratis yang digelar Kementerian Perhubungan menggunakan kapal laut.

Sekda Jawa Tengah Sumarno mengatakan dirinya berkesempatan menyambut kedatangan ribuan pemudik, dan mengantarkan melanjutkan perjalanan lewat jalur darat menggunakan sepeda motor masing-masing.

Sumarno menjelaskan, program mudik gratis sepeda motor naik kapal tidak hanya memudahkan warga pulang kampung bersama sepeda motornya namun juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Sebab, berdasarkan hasil evaluasi kasus kecelakaan pemudik sepeda motor selama arus mudik dan balik Lebaran sangat tinggi.

Menurutnya, Kementerian Perhubungan dan PT Pelni memfasilitasi masyarakat Jateng yang akan mudik ke kampung halaman bersama sepeda motor menggunakan kapal laut.

Sehingga, masyarakat dapat mudik bersama sepeda motor dengan aman dan nyaman serta menyenangkan.

“Mereka (pemudik) yang turun dari kapal, wajahnya terlihat tidak ada yang capek, berarti kan nyaman di kapal. Dengan begitu, keselamatannya lebih terjaga dan mudiknya lebih nyaman,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno berharap, minat masyarakat untuk mudik dengan kapal laut semakin tinggi.

Selain itu, masyarakat juga bisa bercerita
kepada warga lainnya tentang kenyamanan dan kemudahan selama perjalanan menggunakan kapal laut sebagai transportasi mudik gratis.

“Sehingga, upaya ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya,” pungkasnya. (Bud)