Hari Ini 12 Ribu Peserta Mudik Gratis Pemprov Jateng Dilepas Dari TMII Jakarta

Mudik Gratis
photo/istimewa

Semarang, Idola 92,6 FM-Sebanyak 12 ribu orang peserta program mudik gratis yang digelar Pemprov Jawa Tengah dari Jabotabek tujuan Jateng, pagi ini akan dilepas dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan dari Bandung menggunakan armada bus.

Sedangkan mudik gratis menggunakan rangkaian kereta api, akan diberangkatkan pada Minggu (7/4) besok.

Sekda Sumarno mengatakan kuota yang disediakan mudik gratis 2024 sebanyak 11.400 kursi bus dan 1.088 kursi kereta api. Hal itu dikatakan saat ditemui usai mengikuti apel gelar pasukan di Makodam, kemarin.

Sumarno menjelaskan, program mudik gratis itu diperuntukkan bagi warga Jateng yang merantau di Jabotabek dan bekerja di sektor informal serta berpenghasilan rendah.

Mulai dari asisten rumah tangga, buruh pabrik, buruh bangunan, pedagang kaki lima, pengojek dan sebagainya.

“Saya mengimbau kepada pemudik, agar menyiapkan kesehatan fisik. Kondisi fisik pemudik sangat penting karena akan menempuh perjalanan jauh,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, nanti setelah Lebaran pemprov juga berencana akan melakukan penglepasan pemudik asal Jateng kembali ke tempat rantau.

Penglepasan akan diselenggarakan di beberapa terminal antara lain Terminal Mangkang Semarang, Terminal Purwokerto, Asrama Haji Donohudan Boyolali serta Stasiun Tawang Semarang. (Bud)