Dompet Dhuafa Luncurkan Layanan Pos Mudik dan Mudik Gratis #RamadanMendekatkan

Pos Mudik dan Mudik Gratis
Dompet Dhuafa luncurkan layanan Pos Mudik dan Mudik Gratis pada Kamis, (04/04/2024) bagi penerima manfaat yang sebagian besar adalah binaan Dompet Dhuafa. (Foto Dok. Dompet Dhuafa)

Jakarta, Idola 92.6 FM – Tidak semua masyarakat menikmati momentum mudik atau berlebaran di kampung halaman. Dinamika harga-harga kebutuhan yang naik signifikan bahkan kebutuhan pangan yang meningkat, menyebabkan masyarakat enggan untuk pulang kampung atau mudik.

Melihat hal tersebut Dompet Dhuafa berinisiasi menggelar Mudik Gratis pada Kamis, 04/04/2024) bagi penerima manfaat yang sebagian besar adalah binaan Dompet Dhuafa. Sebanyak 350 penerima manfaat akan melakukan mudik gratis yang dilepas dari Gedung Filantropi, Dompet Dhuafa berlokasi di Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurut Herdiansah selaku Wakil Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika mengatakan, hal ini menjadi kesempatan emas bagi binaan Dompet Dhuafa untuk merayakan Idul Fitri bersama orang-orang tercinta di kampung halaman setelah bertahun-tahun belum bisa merasakan mudik serta mengalami keterbatasan ekonomi ketika akan melaksanakan mudik.

“Adapun untuk layanan mudik gratis ini mencakup 4 rute utama pemudik, yakni Jakarta-Yogya-Wonogiri, Jakarta-Purwokerto-Sidareja, Jakarta-Madiun, hingga Jakarta-Bandar Lampung,” ujarnya.

Pada waktu bersamaan, Dompet Dhuafa juga meluncurkan layanan preventif bagi pemudik agar bisa melaksankan hajat mudik dengan nyaman, aman, dan berkah. Hal itu dengan membuka layanan pos mudik dengan menempatkan 7 titik lokasi strategis di berbagai daerah.

“Pos Mudik Dompet Dhuafa tahun ini tersebar di tujuh lokasi strategis, di antaranya SPBU Toyomerto (Serang-Banten), Rest Area Masjid Jami Al-Mahdiyyiin (Kab. Bandung-Jabar), Rest Area Taman Cirebon Power (Kab. Cirebon-Jabar), Masjid Besar At-Taqwa Ajibarang (Kab. Banyumas-Jateng), Masjid Abnais Sabil Banyuwangi (Banyuwangi-Jatim), Terminal Pulo Gebang (DKI Jakarta), dan Terminal Kampung Rambutan (DKI Jakarta),” tambah Herdiansah.

Pos Mudik dan Mudik Gratis
Dompet Dhuafa luncurkan layanan Pos Mudik dan Mudik Gratis pada Kamis, (04/04/2024) bagi penerima manfaat yang sebagian besar adalah binaan Dompet Dhuafa. (Foto Dok. Dompet Dhuafa)

Herdiansah menambahkan, waktu operasional setiap pos mudik yang berada di luar kota Jakarta dibuka selama 24 jam, sementara dua lokasi Pos Mudik di Jakarta terbatas dari pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Sementara itu, Tursinah, penerima manfaat mudik gratis Dompet Dhuafa, mengaku sangat bahagia dirinya terpilih dan menjadi bagian mudik gratis Dompet Dhuafa tahun ini. “Alhamdulillah mas, sudah lima tahun kami belum bisa mudik. Perekomian baru bisa pulih, ditambah dua tahun lalu pandemi corona meluluhkan sendi ekonomi keluarga. Hari ini, saya membawa 4 anak saya dan suami, alhamdulillah bisa berlebaran di kampung halaman,” tutur Tursinah.

Sementara, Aiman Ricky, selaku aktor film di sela-sela pelepasan Mudik Gratis mengatakan, pihaknya turut bersyukur dan senang melihat para penerima manfaat dari Dompet Dhuafa bisa terlayani mudik bersama di tahun ini. Dan juga tim Dompet Dhuafa siap melayani dengan kehadiran pos mudik yang telah di sediakan di 7 lokasi strategis.

“Ini merupakan kesetiaan dan kepercayaan Dompet Dhuafa terhadap masyarakat khususnya para donatur dalam menggulirkan beragam program untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Herdiansah berharap, program Mudik Gratis ini menjadi bahan untuk digulirkan pada tahun depan dengan lebih banyak lagi penerima manfaat yang terserap serta kesiapan bagi pemudik yang lebih baik lagi. “Terima kasih banyak juga para donatur yang sudah mendukung ragam program Dompet Dhuafa sehingga terserap dengan baik di masyarakat, salah satunya mudik gratis ini,” tandas Herdiansah. (her/ims)

Artikel sebelumnyaNasmoco Hadirkan 1 Posko Siaga dan 23 Bengkel Siaga di Jawa Tengah dan DIY
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Siapkan Skenario One Way Lokal Jika Terjadi Kepadatan di GT Kalikangkung