Polda Jateng Siapkan Skenario One Way Lokal Jika Terjadi Kepadatan di GT Kalikangkung

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi
Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberi keterangan kepada wartawan terkait antisipasi kepadatan di GT Kalikangkung.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah akan menyiapkan skenario one way lokal, jika arus lalu lintas dari Jakarta masuk Gerbang Tol (GT) Kalikangkung mengalami kepadatan.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan pihaknya sudah siap untuk mengatur pergerakan arus lalu lintas mudik Lebaran, yang memasuki wilayah Jateng khususnya menggunakan ruas jalan tol Trans Jawa. Pernyataan itu disampaikan saat meninjau GT Kalikangkung, Jumat (5/4).

Kapolda menjelaskan, untuk pengambil kebijakan terkait one way di ruas jalan tol di wilayah Jateng menjadi kewenangan direktur lalu lintas Polda Jateng.

Apabila terjadi kepadatan di Gerbang Tol Kalikangkung, maka akan dilakukan kebijakan melihat skala prioritas.

Menurutnya, jika terjadi kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan tol terutama di Gerbang Tol Kalikangkung akan diberlakukan one way lokal dari Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan Gerbang Tol Bawen.

Apabila diperlukan, akan diperpanjang hingga Gerbang Tol Salatiga.

“Imbauan saya kepada pemudik agar menyiapkan kendaraan dan juga fisik, karena Jawa Tengah merupakan titik lelah dan titik jenuh. Usahakan komunikasi dengan petugas kita di lapangan. Kita imbau untuk tidak menggunakan roda dua, sehingga keselamatan menjadi nomor satu,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, khusus untuk ruas jalur pantura non-tol yang sempat rusak karena tergenang banjir juga telah diperbaiki dan layak untuk dilalui pemudik.

Terutama di wilayah Kecamatan Karanganyar di Kabupaten Demak, saat ini kondisi jalannya sudah baik dan aman dilalui.

“Selain itu tanggul juga sudah diperbaiki dan diperkuat. Harapannya, saat mendekati Lebaran tidak terjadi hujan ekstrem,” tegas kapolda. (Bud)