Menko PMK: Rest Area Akan Dilengkapi Ruang Bermain Anak

Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberi penjelasan kepada wartawan di GT Kalikangkung.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemudik yang melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman melewati jalan tol Trans Jawa, diimbau bisa mengatur waktu antara perjalanan dan beristirahat.

Tujuannya, agar pemudik tidak mudah kelelahan dan tidak sampai menjadi penyebab kecelakaan.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan di sebagian besar rest area di sepanjang tol Trans Jawa, akan disediakan tempat bermain anak agar anak-anak tidak bosan selama dalam perjalanan. Pernyataan itu dikatakan saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Rabu (3/4) sore.

Muhadjir menjelaskan, selain ruang bermain anak di rest area juga disediakan ruang laktasi bagi ibu menyusui.

Menurutnya, para pemudik yang singgah di rest area bisa menggunakan toilet fungsional sesuai peruntukannya.

Sebab, toilet fungsional hanya dikhususkan bagi pemudik yang ingin buang air kecil saja.

“Pesan saya kepada para pemudik, saya ingatkan supaya betul-betul memanfaatkan rest area sekadarnya. Jangan berlama-lama, patuhi batas waktu, syukur-syukur kurang dari batas waktu lebih baik. Mengingat kondisinya mungkin belum sebagus seperti yang kita harapkan,” kata Muhadjir.

Lebih lanjut Muhadjir menjelaskan, secara umum persiapan mudik di wilayah Jawa Tengah sudah cukup baik.

Pihaknya juga mengapresiasi jajaran Polda Jateng, yang telah memersiapkan operasi kemanusiaan secara matang dimulai dari operasi keselamatan berlalu lintas.

“Pelanggaran yang ditemukan juga sudah langsung diambil penindakan. Bahkan, Polda Jawa Tengah juga gencar melakukan operasi penyakit masyarakat selama bulan Ramadan, agar kondisi mudik Lebaran 2024 bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Bud)