TNI Siap Kerahkan Personel dan Alat Angkut Guna Bantu Polri Selama Lebaran

Jenderal TNI Agus Subiyanto
Jenderal TNI Agus Subiyanto, Panglima TNI.

Semarang, Idola 92,6 FM-Mabes TNI memastikan, jajaran personel yang ada di Kodam IV/Diponegoro siap membantu tugas aparat Polda Jawa Tengah dalam pengamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan pihaknya memastikan, kesiapan personel dan alat angkut untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024. Hal itu dikatakan saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Rabu (3/4).

Menurut panglima, pihaknya juga telah memeriksa persiapan alat angkut yang bisa dikerahkan untuk membantu tugas kepolisian selama masa pengamanan arus mudik Lebaran.

Panglima menjelaskan, Kodam IV/Diponegoro telah menerjunkan 4.200 personel untuk ikut menjaga dan mengamankan pelaksanaan arus mudik dan balik di wilayah Jawa Tengah.

Ribuan personel yang diterjunkan itu, nantinya tidak hanya diperbantukan di posko pengamanan milik Polda Jateng maupun seluruh jajaran polres tapi juga pengamanan di markas TNI.

“Selain personel, TNI juga mempersiapkan alat angkut darat laut dan udara apabila dibutuhkan. Kami juga ikut membantu kemungkinan adanya gangguan yang sudah dimitigasi Polri. Pada intinya TNI siap secara personel dan alat angkut dalam membantu Polri dalam kesiapan arus mudik,” kata panglima.

Lebih lanjut panglima menjelaskan, secara nasional pihaknya menerjunkan 67.955 prajurit dalam Operasi Ketupat 2024 untuk mengawal pelaksanaan mudik Lebaran.

TNI juga mengerahkan armada militer berupa kapal perang Republik Indonesia (KRI) untuk mengangkut pemudik, hingga menyiagakan pesawat Hercules.

“TNI akan membantu di pusat keramaian, tempat ibadah, bandara, pelabuhan, penyeberangan laut, terminal bus, stasiun kereta api, tempat peristirahatan mudik, mal, pasar, tempat rekreasi dan sarana umum lainnya,” tandasnya. (Bud)