Kapolri Minta Pemudik Tak Usah Paksakan Cepat Sampai Tempat Tujuan

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo
Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kapolri.

Semarang, Idola 92,6 FM-Hari Raya Iedul Fitri tinggal menghitung hari, dan masyarakat mulai memersiapkan diri melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Pihak kepolisian mengimbau kepada masyarakat pemudik, agar memanfaatkan rest area yang tersedia di sepanjang ruas jalan tol maupun jalur arteri untuk beristirahat memulihkan stamina sebelum melanjutkan perjalanan.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, agar memersiapkan kebutuhan selama dalam perjalanan dan memastikan kendaraan juga layak untuk melakukan perjalanan jauh. Pernyataan itu dikatakan saat meninjau di Gerbang Tol Kalikangkung, Rabu (3/4).

Kapolri menjelaskan, selain memeriksa kelaikan kendaraan juga harus memastikan kondisi badan fit untuk berkendara jarak jauh.

Selain itu, perlengkapan obat-obatan pribadi maupun surat-surat kendaraan juga harus dicek sudah dibawa atau belum.

Menurut kapolri, masyarakat juga diajak untuk bisa ikut mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kelalaian pengemudi.

“Mengurangi jumlah laka lantas karena memang ini juga menjadi perhatian kita. Masyarakat yang mudik bisa sampai tujuan dengan selamat, karena selalu kita imbau agar masyarakat yang melaksanakan mudik jangan memaksakan ingin cepat-cepat sampai tujuan. Ada rest area yang bisa digunakan untuk istirahat sebentar,” kata kapolri.

Lebih lanjut kapolri juga meminta, para pemudik untuk beristirahat di bahu jalan baik di ruas jalan tol ataupun di jalur arteri.

Sebab, munculnya kejadian kecelakaan lalu lintas karena pemudik berhenti di bahu jalan yang memang bukan peruntukkan sebagai tempat istirahat.

“Apabila ada kendaraan berhenti di bahu jalan dan ada pengemudi lelah sehingga kaget bisa menimbulkan kecelakaan. Tolong ini dihindari, dan silakan masuk rest area atau keluar jalan tol kemudian istirahat di jalur arteri di tempat yang aman,” tegasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenhub: Gunakan Bus Pariwisata Yang Sudah Diramp Check
Artikel selanjutnyaTNI Siap Kerahkan Personel dan Alat Angkut Guna Bantu Polri Selama Lebaran