Libur Lebaran, Operator Telekomunikasi Tambah Jaringan

Jaringan BTS telekomunikasi
Seorang petugas sedang memeriksa jaringan BTS telekomunikasi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Menjelang libur Lebaran, operator telekomunikasi siap menghadapi terjadinya peningkatan trafik layanan.

Salah satunya adalah XL Axiata, yang telah menyiapkan jaringan guna melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Lebaran.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan trafik layanan diprediksi akan meningkat sekitar 10-20 persen dibandingkan hari biasa. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Menurutnya, guna menghadapi libur panjang Lebaran pihaknya telah melakukan uji jaringan di semua jalur utama pulang kampung dan liburan di berbagai daerah.

Termasuk di sepanjang tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Darmayusa menjelaskan, penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi peningkatan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran.

“Kami sebagai operator telekomunikasi, momen Lebaran adalah tantangan. Karena data trafik selalu melonjak cukup signifikan. Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi,” kata Darmayusa.

Lebih lanjut Darmayusa menjelaskan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital termasuk untuk bersilaturahim atau berlebaran di hari raya.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

“Saat ini, di hari normal biasa sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2-3 kali lipat dari hari normal,” pungkasnya. (Bud)