4.085 Personel Siap Amankan Listrik Saat Lebaran

Perawatan jaringan listrik
Petugas PLN melakukan pemeriksaan dan perawatan jaringan listrik.

Semarang, Idola 92,6 FM-PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta siap memberikan pelayanan prima, untuk masyarakat pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Sebanyak 4.085 personel diterjunkan, untuk memastikan keandalan pasokan listrik di wilayah Jateng-DIY.

General Manager PLN UID Jateng-DIY Mochamad Soffin Hadi mengatakan pengamanan personel gabungan tersebut terdiri dari pegawai, petugas pelayanan teknik, petugas Unit Reaksi Cepat, petugas Command Center hingga petugas keandalan di Gardu Induk yang siaga selama 24 jam memastikan keandalan pasokan listrik ke rumah pelanggan. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Soffin menjelaskan, dalam menyambut Idul Fitri pihaknya berkomitmen menyalurkan listrik yang andal sehingga masyarakat dapat beribadah dengan khusyuk dan menikmati momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat tercinta.

“PLN siap mengamankan kelistrikan dalam momen Idul Fitri 1445 H di wilayah Jawa Tengah dan DIY, termasuk 342 lokasi prioritas yang meliputi masjid, kantor instansi pemerintahan, pusat transportasi, tempat wisata dan rest area. Kami berharap masyarakat dapat menikmati ibadah dan momen kebersamaan kerabat, terlebih dengan Jawa Tengah dan DIY yang seringkali menjadi destinasi tujuan pemudik terbanyak,” kata Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, PLN UID Jateng-DIY memersiapkan 122 posko siaga keandalan listrik yang tersebar di wilayah Jateng-DIY meliputi 79 Posko Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN, 14 Posko Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), 10 Lokasi SPKLU tol, 17 Posko non-tol dan dua Posko Tempat Wisata.

Guna mendukung keberadaan posko tersebut, PLN juga menyiapkan sejumlah material pendukung pada periode siaga.

Mulai dari 84 genset, 154 Unit Gardu Bergerak (UGB), 40 Uninterruptible Power Supply, 74 crane, 14 Unit Kabel Bergerak (UKB) dan 316 mobil serta 425 motor.

“Kondisi pasokan listrik saat ini aman, dengan prediksi beban puncak tertinggi selama bulan April 5.194 MW dan cadangan daya 2.622 MW atau masih 33 persen,” pungkasnya. (Bud)